Categories: Metro Kendari

Penyuluh Agama Islam di Sultra Diminta Tingkatkan Kapasitas

Share
Dengarkan

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Dua tahun terakhir ini, Penyuluh Agama Islam (PAI) di Sulawesi Tenggara (Sultra) dinilai sangat aktif dalam agenda perbaikan umat. Hal itu terlihat dari terbentuknya Forum Komunikasi Penyuluh Agama Islam (FK PAI) di 17 kabupaten/kota dengan jumlah penyuluh sebanyak 1.398 orang.

Melihat potensi penyuluh agama Islam yang begitu besar, Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Sultra mendorong mereka tidak hanya aktif di lapangan, melainkan juga menyuplai agenda kegiatan yang sifatnya pengembangan wawasan maupun peningkatan kompetensi.

Dalam upaya meningkatkan kapasitas tersebut, Kemenag Sultra menyelenggarakan agenda program Pembinaan Tokoh Agama Islam tingkat provinsi selama tiga hari di Kendari, 22-24 Februari 2021.

Kepala Bidang Penerangan Agama Islam dan Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sultra, Jumaing mengatakan, kegiatan tersebut mendorong penyuluh agama Islam agar menyadari potensi mereka sebagai tokoh agama maupun tokoh masyarakat yang memiliki tanggung jawab melakukan pembinaan umat.

Menurutnya, sangat penting semua elemen keagamaan, baik majelis taklim dan penyuluh agama Islam terlibat dalam program pembinaan umat.

“Tokoh agama adalah tempat masyarakat berkonsultasi dan berdiskusi dalam rangka mengobati jiwa masyarakat, jadi peran penyuluh agama Islam maupun yang lainnya adalah memberikan obat secara psikis, batin dan nuraninya masyarakat,” jelas Jumaing.

Kepala Seksi Penyuluhan Agama Islam dan Sistem Informasi Kemenag Sultra, Munawar menambahkan, penyuluh agama Islam saat ini harus mampu hadir dalam permasalahan umat sebagai garda terdepan kementerian agama.

“Kita harus hadir dalam problem umat. Dengan begitu program-program yang telah dirancang oleh negara seperti pencegahan narkoba, radikalisme dan yang lainnya dapat terealisasi melalui peran penyuluh agama Islam,” terangnya.

Reporter: Abdul
Editor: J. Saki

Komentar