Metro KendariPendidikan

Pendidikan Karakter Melalui Pesantren Kilat

PLAY

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Kadis Dikmudora Kota Kendari, Sartini Sarita mengatakan, di bulan Ramadan seluruh SD dan SMP se-Kota Kendari kembali melaksanakan pesantren kilat. Ini menjadi tambahan untuk pendidikan karakter bagi siswa.
“Seperti tahun-tahun sebelumnya, peserta didik akan diberikan pesantren kilat. Materinya diisi dengan nilai-nilai islami tentunya. Ini adalah program rutin,” katanya.
Jadwal pelaksanaan pesantren kilat dijadwalkan masing-masing satuan pendidikan di tingkatan kelas masing-masing. Selain pendidikan karakter yang dikembangkan, ada juga nilai-nilai kesenian yang terselipkan.
“Dalam bidang seni sendiri satuan pendidikan dapat menyelenggarakan berupa lomba azan, lomba baca Alquran dan membaca surat-surat pendek,” pungkasnya.
Sementara itu, Kepala SMPN 9 Kendari, Milwan mengatakan, jadwal pelaksanaan pesantren kilat selama 6 hari. Mulai tanggal 21-26 Mei 2018 bertempat di Mushola SMPN 9 Kendari.
“Masuknya mulai pukul 07.30 Wita sampai salat dzuhur. Supaya efektif kami buat berjenjang yaitu Senin dan Selasa kelas 7, Rabu dan Kamis kelas 8. Sementara Jumat dan Sabtu itu digabung kelas 7 dan 8 sekalian salat Jumat bersama,” ungkapnya.
Materi religius yang diberikan seperti zikir bersama, salat bersama, pengajian dan ceramah. Ia berharap siswanya dapat meningkatkan keimanan dan ketakwaan dibulan Ramadan ini.
“Semoga penerapan pendidikan karakter di sekolah kami bisa tersampaikan, sehingga implementasi yang siswa dapat di sekolah bisa diterapkan di rumah dan diajarkan juga pada adik-adiknya,” tandasnya.
Reporter: Yusuf Maronta
Editor: Cuncun

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button