Categories: Metro Kendari

Pemkot Kendari Pastikan Ketersediaan Ikan Cukup Jelang Natal dan Tahun Baru

Share
Dengarkan

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari memastikan ketersediaan ikan bakal cukup jelang Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Kendari Imran Ismail mengatakan, hasil tangkapan nelayan menunjukkan angka yang signifikan pada Agustus hingga September yakni 85 persen.

Ia menjelaskan, ketersediaan ikan sangat banyak di tempat pelelangan membuat harga ikan mengalami penurunan dibandingkan sebelumnya.

“Alhamdulillah hasil ikan kita sangat banyak. Terkait dengan kebutuhan ikan pada masyarakat sangat tercukupi. Untuk bulan kemarin saja, hasil tangkap ikan nelayan sudah mencapai 3.000 ton di mana sebelumnya hanya 2.300 ton. Sedangkan pada April hingga Juni itu paling banyak 1 hingga 2 ribu ton per bulannya. Kami pastikan pada November ini hasilnya juga akan terus bertambah,” terangnya ditemui di ruang kerjanya, Senin (31/10/2022).

Ia mengatakan, akhir tahun ini merupakan penangkapan ikan tertinggi. Tentunya dengan tingginya angka penangkapan ikan akan memudahkan masyarakat memilih ikan dengan harga yang sesuai saat berbelanja di pasar.

“Kalau soal ikan, masyarakat tidak perlu khawatir. Kita memiliki dua pelabuhan besar untuk sektor penyediaan ikan yakni Pelabuhan Samudera dan Pelabuhan Tempat Pelelangan Ikan (Sodoha),” terangnya.

Ia menambahkan, berdasarkan pengalaman tahun sebelumnya, ketersediaan ikan selalu mencukupi kebutuhan masyarakat. Untuk menjamin pasokan ikan aman, pihaknya telah melakukan pengecekan ke sejumlah pelabuhan yang dikelola pemerintah maupun swasta.

Untuk mencegah adanya kekurangan ikan, pihaknya menggunakan mesin penyimpan ikan. Saat ini Dinas Kelautan dan Perikanan memiliki empat mesin tersebut. (bds)

Reporter: Zubair
Editor: J. Saki

Komentar