Categories: Metro Kendari

Pemkot Kendari Gratiskan Retribusi Los dan Kios Pasar Basah Mandonga selama 3 Bulan

Share
Dengarkan

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari menggratiskan biaya pungutan retribusi terhadap los dan kios milik pedagang di Pasar Basah Mandonga selama tiga bulan.

Penjabat (Pj) Wali Kota Kendari Asmawa Tosepu mengatakan, penggratisan retribusi tersebut merupakan hadiah dalam rangka memperingati hari jadi Kota Kendari yang ke-192. Sehingga pihaknya memutuskan untuk menghilangkan biaya sewa selama tiga bulan.

“Kami berikan dispensasi atau gratis dalam pengelolaan kios selama kurang lebih tiga bulan yakni Februari, Maret dan April. Itu point utamanya dalam rangka ulang tahun kota,” ujar Asmawa Tosepu usai menghadiri penyerahan pengelolaan Pasar Basah Mandonga, Senin (13/2/2023).

Asmawa Tosepu menjelaskan, keringanan biaya sewa tersebut guna menjaga dan mengendalikan harga agar tidak terjadi inflasi di Kendari.

Dirinya meminta kepada para pedagang setelah diberikan keringanan biaya sewa los dan kios, para pedagang tidak melakukan kenaikan harga di luar batas wajar, sehingga tidak terjadi inflasi akibat harga yang meningkat.

Baca Juga : Pemkot Kendari Resmi Ambil Alih Pengelolaan Pasar Basah Mandonga

“Saya minta khusus untuk tidak menaikkan harga karena Kendari merupakan ibu kota provinsi yang masuk kategori inflasinya tinggi, itu yang menjadi harapan kami,” tutupnya. (bds)

 

Reporter: Zubair
Editor: Biyan

Komentar