Categories: Metro Kendari

Jelang Iduladha, Harga Kambing dan Sapi di Kendari Naik

Share
Dengarkan

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Jelang hari raya kurban atau Iduladha 1444 Hjriah/2023 Masehi, harga kambing dan sapi terpantau naik.

Mistri, penjual hewan kurban, mengatakan, harga kambing naik kisaran Rp300 ribu hingga Rp500 ribu dari tahun sebelumnya.

“Untuk kambing harga jualnya Rp3 juta ke atas. Paling mahal itu Rp5 juta tergantung besar dan jenisnya. Ada yang Rp2,5 juta tetapi betina,” jelas dia saat ditemui di lokasi penjualan hewan kurban miliknya yang berada di Kelurahan Wundudopi, Kecamatan Baruga, Kota Kendari, Rabu (14/6/2023).

Sementara harga sapi di kisaran Rp12 juta hingga Rp18 juta. Harga tersebut naik dibanding tahun sebelumnya.

Mistri mengatakan, pembeli sudah mulai ramai berkunjung ke tempatnya untuk membeli kambing atau sapi untuk kurban sejak pekan lalu dan diperkirakan akan terus ramai hingga mendekati Iduladha.

“Adapun untuk sapi kami menyediakan jasa pemotongan. Terkait kambing di sini berasal dari Kabupaten Selayar dan Kolaka,” jelas dia.

Sementara Saiful selaku calon pembeli menuturkan, dia sedang menyurvei harga hewan kurban. Dibanding tahun sebelumnya, harga kambing naik signifikan hampir Rp1 juta.

“Jika yang lalu harga Rp3 juta suda besar. Sekarang dengan harga segitu kambing yang didapat ukurannya kecil,” jelas dia.

Sehingga, untuk mendapatkan kambing ukuran besar harus membeli yang harga Rp4juta. Dia sendiri rencana membeli kambing seharga Rp3 jutaan sebanyak lima ekor.

Saiful yang merupakan perwakilan yayasan amal menuturkan, hewan kurban tersebut akan disalurkan di beberapa wilayah, tidak hanya Kota Kendari. (bds)

Reporter: Septiana Syam
Editor: Biyan

Komentar