Categories: Metro Kendari

Ini Tiga Nama Calon Pj Gubernur yang Ditetapkan DPRD Sultra

Share
Dengarkan

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – DPRD Sulawesi Tenggara (Sultra) menetapkan tiga nama Calon Pejabat (Pj) Gubernur Sultra untuk diusulkan ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Republik Indonesia (RI). Penetapan Calon Pj Gubernur Sultra melalui rapat paripurna yang dipimpin oleh Ketua DPRD Sultra, Abdurrahman Shaleh dengan hadiri seluruh anggota DPRD Sultra, Selasa (1/8/2023).

Adapun tiga nama yang ditetapkan dan diusulkan ke Kemendagri, yakni Rektor Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari, Prof. Muhammad Zamrun Firihu, Mantan Kapolda Sultra, Andap Budhi dan Sekda Sultra, Asrun Lio. Abdurrahman Saleh mengatakan, setelah tiga nama calon Pj Gubernur usulan ditetapkan ini, maka selanjutnya DPRD Sultra akan meneruskan ke Kemendagri.

“Secepatnya, sebelum tanggal 9 Agustus 2023. Karena berdasarkan surat dari Kemendagri paling lambat tanggal 9 Agustus,” ujarnya.

Menurutnya, rapat paripurna yang berlangsung tertutup, delapan fraksi sebelumnya mengajukan tujuh nama. Tetapi setelah dikerucutkan, menyisakan tiga nama.

Pengusulan tiga nama calon Pj Gubernur Sultra, lanjut Ketua DPW PAN Sultra ini, bahwa mereka yang ditetapkan dan diusul sudah melalui prosedur dan mekanisme perundang-undangan.

Tinggal bagaimana Kemendagri melihat secara cermat usulan DPRD Sultra untuk ditetapkan menjadi Pj Gubernur Sultra nantinya.

“Pada prinsipnya tiga nama ini adalah harapan masyarakat Sultra ke depan,” tukasnya. (bds)

Reporter: Sunarto
Editor: Wulan

Komentar