Categories: Metro Kendari

Gerakan Keluarga Sakinah, Ada Tujuh Komponen Ketangguhan Keluarga

Share
Dengarkan

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari menggelar Gerakan Keluarga Sakinah (GKS) di salah satu hotel di Kendari, Minggu (6/2/2022).

Konselor Ketahanan Keluarga, Cahyadi Takariawan mengungkapkan, untuk mewujudkan keluarga sakinah perlu adanya saling percaya satu dengan yang lain serta saling membutuhkan satu dengan yang lain dan memiliki kesetiaan yang tinggi.

“Keluarga tangguh berbeda dengan keluarga rapuh. Hadirkan tujuh komponen ketangguhan,” kata Cahyadi Takariawan.

Dia juga mengungkapkan, tujuh komponen ketangguhan yaitu, komunikatif positif, ekonomi, norma, saling dukung, saling peduli (afeksi).

“Diantara bentuk afeksi pada keluarga tangguh adalah saling peduli satu dengan yang lain,” katanya.

Lanjut Dia mengatakan, tujuh komponen ketangguhan berikutnya yakni resiliensi dan intimacy. Resiliensi yakni kemampuan keluarga untuk menggunakan kemampuan yang dimilikinya, guna menghadapi kesulitan maupun tantangan hidup secara positif, sedangkan intimacy yang merupakan satu dari tiga elemen dasar cinta.

Kegiatan ini diikuti oleh 300 peserta, dan dibuka secara langsung oleh Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir.

Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir mengatakan, kegiatan yang dimulai pada Oktober 2021 yang lalu itu, diharapkan dapat memotivasi diri serta orang lain.

Dia pun mengutip salah satu ungkapan dari seorang pengusaha asal negeri China, Jack Ma.

“Kita kalau sedang diatas, sedang sukses itu, apapun yang kita sampaikan, akan direspon dengan baik,” kutip Sulkarnain.

Lanjutnya, Gerakan Keluarga Sakinah tersebut, perlu didedikasikan oleh Aparatur Sipil Negara (ASN) Kota Kendari, sehingga aparatur dijajaran Pemerintah Kota dapat bersinergi dengan baik.

 

Reporter: M5
Editor: Via

Komentar