Categories: Metro Kendari

Gelombang Tinggi Capai 4 Meter, BMKG Imbau Warga Sultra Tak Beraktivitas di Wilayah Pesisir

Share
Dengarkan

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika mengeluarkan peringatan dini waspada terhadap gelombang tinggi mencapai empat meter yang bakal terjadi di perairan Sulawesi Tenggara (Sultra).

Pada peringatan tersebut, masyarakat diimbau untuk tidak melakukan aktivitas di wilayah pesisir yang berpeluang terjadi gelombang tinggi.

Berikut ini beberapa wilayah yang berpotensi mengalami gelombang tinggi, di antaranya dengan tinggi gelombang berkisar 2,5 hingga 4 meter kategori tinggi berpeluang terjadi di daerah perairan Baubau bagian selatan, lalu perairan selatan Wakatobi bagian barat.

Selanjutnya, perairan selatan Wakatobi bagian timur, Laut Banda Timur Sultra bagian selatan.

Kemudian untuk tinggi gelombang kategori sedang yakni 1,25 hingga 2,5 meter berpotensi terjadi di wilayah perairan Baubau bagian utara, perairan utara Wakatobi bagian timur, perairan utara Wakatobi bagian barat, dan laut Banda Timur Sultra bagian barat.

Peringatan dini gelombang tinggi tersebut belaku 26 hingga 29 Desember 2022 pukul 20.00 WITA. Disebutkan bahwa pola angin pada umumnya dari barat daya hingga barat laut dengan kecepatan 2 hingga 30 knot.

Sementara untuk kecepatan angin tertinggi terpantau di perairan Baubau bagian selatan, perairan selatan Wakatobi, dan Laut Banda Timur Sultra bagian selatan. (bds)

Reporter: Zubair
Editor: Biyan

Komentar