Categories: Metro Kendari

Cegah Banjir, BPBD Sultra Imbau Masyarakat Jaga Kebersihan Drainase

Share
Dengarkan

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Untuk mencegah terjadinya banjir di wilayah Kota Kendari, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) mengimbau masyarakat untuk menjaga kebersihan drainase di lingkungan masing-masing.

Sekretaris BPBD Sultra Andrian Nursalam mengatakan, salah satu faktor yang menyebabkan terjadinya banjir di wilayah Kota Kendari baru- baru ini karena saluran drainase tersumbat oleh tumpukan sampah dan sedimentasi. Akibatnya, air tidak dapat mengalir hingga naik ke permukaan dan menggenangi rumah warga.

“Salah satu faktor penyebab terjadinya banjir di wilayah Kota Kendari yaitu adanya sistem drainase yang kurang baik, kemudian serapan air kurang karena banyaknya pembangunan perumahan pemukiman warga dan perilaku masyarakat yang membuang sampah di saluran drainase,” terangnya saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (4/4/2024).

Andrian Nursalam mengungkapkan, ada beberapa titik atau wilayah yang rawan terjadi banjir di Kota Kendari, yaitu Kampung Solo, sekitar Sungai Lasolo, Teplang, Wua-wua, Pasar Baru, dan Kambu. Mengatasi masalah banjir itu, BPBD melakukan pembersihan sejumlah saluran drainase.

“Banjir baru- baru ini, dari BPBD turun langsung di lapangan yaitu di Kampung Salo dengan membawa perahu karet untuk mengevakuasi korban dan juga barang- barang. Termasuk membersihkan rumah warga dari lumpur,” tuturnya.

Oleh karena itu, ia berharap masyarakat dapat menjaga kebersihan drainase dari tumpukan sampah dan sedimentasi, serta menjaga kebersihan lingkungan. (cds)

 

Reporter: Ronas
Editor: Biyan

Komentar