Categories: Metro Kendari

Buka Workshop Jurnalistik, Sulkarnain: Setiap Orang Bisa Jadi Wartawan

Share
Dengarkan

KENDARI, DETIKSULTRA.COM– Dalam rangka peringatan Hari Pers Nasional 2022, Monumen Pers Nasional menyelenggarakan rangkaian agenda kegiatan salah satunya yaitu Workshop Jurnalistik dengan tema Wartawan Bisa Apa di Era Digital?.

Kegiatan tersebut dibuka langsung Wali Kota Kendari dan berlangsung bersamaan di empat kota berbeda yakni Kendari, Jakarta, Solo dan Yogyakarta.

Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir mengatakan, dengan teknologi modern saat ini setiap masyarakat dapat menjadi wartawan, semua bisa menjadi jurnalis, semua bisa menjadi konten creator,

“Kalau dulu platform yang dapat menyajikan berita kemudian memberikan informasi kepada masyarakat, sangat terbatas, kita tahu dulu bukan hanya ada Koran, majalah, tabloid dan sejenisnya, lalu ditambah dengan radio dan tv, dari media tesebut lama mendapatkan informasi atau berita,” ujar Sulkarnain di IAIN Kendari, Senin (7/2/2022).

Dia mengatakan, dengan hadirnya era digital jumlah platform menjadi tidak terbatas, sekarang mulai banyak platform yang dapat dijadikan tempat mencari informasi.

“kita sepakat era digital ini bukan lagi kita yang mencari informasi, tapi melainkan kita yang dibanjiri informasi,” katanya.

Wali kota juga mengatakan, saat ini coba ganti temanya menjadi wartawan mau berbuat apa diera digital, karena sekarang peluangnya sangat terbuka, kesempatannya sangat luas, nahkan jika kita membaca beberapa artikel tentang era digital dan teknologi yang begitu pesat saat ini, tentunya bakal memasuk era meta yang saat ini banyak digandrungi orang-orang.

“Seperti apapun era yang nantinya kita lalui, baik itu era meta maupun era lainnya, kita akan terus eksis sebagai bangsa, tetap eksis sebagai generasi Indonesia yang siap menyambut tantangan zaman,” pungkasnya.

 

Reporter: M5
Editor: Via

Komentar