Categories: Metro Kendari

Batalyon C Pelopor Satbrimobda Sultra Terbentuk di Kolaka Utara

Share
Dengarkan

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Sejak dibentuk pada 2 Februari 2022, Batalyon C Pelopor Satbrimobda Sultra terus melakukan pembangunan kekuatan. Sebagai satuan baru, saat ini fokus utamanya adalah pembangunan markas satuan berupa barak personel.

Komandan Batalyon C Pelopor Satbrimobda Sultra Kompol Aris Rallang mengatakan, saat ini Markas Komando Batalyon C masih diisi satu kompi pasukan ditambah staf batalyon. Sementara satu kompi sisanya masih berada di Mako Satbrimobda Sultra di Kendari.

“Sejak pembentukan Batalyon C Pelopor Satuan Brimob Polda Sultra tanggal 2 Februari 2022, setelah itu, enam bulan kemudian Batalyon C bergeser ke Lasusua, Kolaka Utara. Hanya memang satu kompi kekuatan kami masih berada di Mako Satbrimob di Kendari. Makanya fokus kami saat ini adalah pembangunan barak agar personel yang di Kendari bisa segera mengisi Mako Batalyon C,” ujar dia, Sabtu (31/12/2022).

Lebih lanjut Aris menjelaskan, barak ini nantinya akan diisi oleh enam puluh orang personel. Nantinya, barak ini dibangun dengan delapan belas kamar.

Progresnya saat ini, lanjut dia, pihaknya baru menyelesaikan pembangunan pondasi dan sementara pemasangan batu. Target rampungnya pembangunan barak ini tergantung pada anggaran yang ada pada 2023.

Aris kembali menjelaskan, peran Batalyon C Pelopor Sat Brimobda Sultra adalah mem-back up satuan kewilayahan yakni beberapa Polres termasuk Polres Kolaka dan Polres Kolaka Utara jika ada permintaan bantuan dari Polres tersebut.

“Saat ini tingkat keterisian personel Batalyon C Pelopor baru 28 persen atau 200 personel dari kebutuhan total 711 personel,” tuturnya.

Adapun pembentukan Batalyon C Pelopor Satuan Brimobda Sultra ini berdasarkan Surat Keputusan Kapolri Nomor: Kep / 1884 / XII / 2021 dengan tunggul “Satya Dharma Waspada”.

Dijelaskannya, Tunggul tersebut bermakna bahwa sebagai insan Bhayangkara Polri, wajib memiliki kesetiaan kepada negara dan pimpinannya. Selalu mengabdikan diri kepada bangsa, negara dan masyarakat dengan sungguh-sungguh dan tulus ikhlas.

Peka terhadap perubahan situasi serta selalu siap siaga dalam melaksanakan tugas pokoknya yaitu penanggulangan kejahatan yang berintensitas tinggi demi terwujudnya keamanan dalam negeri. (bds)

Reporter: Sunarto
Editor: Biyan

Komentar