Categories: Kesehatan Metro Kendari

Bakes Lanal Kendari Lakukan Rapid Test Massal ke Pengguna Jasa Transportasi Laut

Share
Dengarkan

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Balai Kesehatan (Bakes) Pangkalan TNI Angkatan Laut (AL) Kendari menyelenggarakan rapid test massal di Pelabuhan Bungkutoko, Kamis (28/5/2020).

Danlanal Kendari, Kolonel Laut (P) Andike Sry Mutia, S.Sos mengatakan, pelaksanaan rapid tes ini dalam rangka mengantisipasi penyebaran Virus Corona atau Covid-19 di wilayah Kota Kendari.

Selain itu, kegiatan ini bertujuan untuk membantu Gugus Tugas Percepatan Penangangan Covid-19 Sultra untuk memutus mata rantai virus yang berasal dari Provinsi Wuhan, Cina.

“Rapid test ini dilaksanakan atas perintah Panglima TNI yaitu untuk membantu tim pengendalian dan pengawasan penegakkan hukum Gugus Tugas Covid-19 daerah, sehubungan dengan ditetapkan nya kriteria pembatasan perjalanan orang di seluruh indonesia,” ucap Andike Sry Mutia.

Dengan dilengkapi Alat Perlindungan Diri (APD), petugas Bakes Lanal Kendari bekerjasama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Sultra dan tim kesehatan KKP, langsung memeriksa satu persatu dari Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM), operator pelabuhan maupun penumpang yang berada di Pelabuhan Bungkutoko.

“Dalam kegiatan ini, sebanyak 163 orang mengikuti rapid test yang terdiri dari TKBM, Pelindo, KPLP, Kementrian Perhubungan, ABK, pedagang pelabuhan dan TNI – Polri yang bertugas di pelabuhan,” paparnya.

Selanjutnya, tambah Andike Sry Mutia kegiatan serupa ini nantinya akan dilaksanakan di pelabuhan-pelabuhan yang berada di wilayah Sultra.

Untuk diketahui, dalam kegiatan ini turut dihadiri oleh Kepala KSOP Kota Kendari Letkol Mar Benyamin Ginting dan KKP Kelas II Kendari, Dr. Wahyuni.

Reporter: Sunarto
Editor: Dahlan

Komentar