Categories: Metro Kendari

Atasi Banjir, Pemkot Kendari Bakal Keruk Drainase

Share
Dengarkan

KENDARI, DETIKSULTRA.COM- Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari bakal melakukan pengerukan saluran irigasi atau drainase guna mencegah adanya titik genangan air di ruas jalan serta mengantisipasi banjir.

Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir mengatakan, pengerukan drainase tersebut sebenarnya dilakukan secara regular.

“Karena beberapa kejadian terakhir ada genangan air di ruas jalan raya, sebenarnyakan, genangan itu cuma sebentar saja setelah itu surut, hal itu menandakan sebenarnya drainase kita berfungsi dengan baik,” ujar Sulkarnain, Rabu (23/3/2022).

Dia mengatakan, untuk kondisi tertentu dimana debet air dan intensitas hujan tinggi seperti kemarin, hal tersebut menyebabkan drainase tidak mampu menampung sehingga meluap ke jalan raya.

“Hal inilah yang coba kita antisipasi, mudah mudahan dalam waktu dekat kita bisa bersinergi bersama masyarakat untuk mencegah kejadian itu,” ucapnya.

Dia juga mengimbau masyarakat untuk bersama-sama menjaga lingkungan, misalnya drainasenya sudah dibuat, agar sedimentasinya juga dijaga, tidak perlu menunggu petugas untuk melakukan penggalian atau pengerukan.

“Karena kalau luapannya terjadi, tidak perlu menunggu petugas, karena warga dapat merasakan langsung dampaknya, oleh karena itu, saya meminta kepada ketua RT/RW tingkat kelurahan untuk melaungkan waktu melakukan kerja bakti dan menormalkan fungsi drainase kita,” tutup Sulkarnain.

 

Reporter: Zubair
Editor: Via

Komentar