Categories: Metro Kendari

100 Pelaku UMKM di Kendari Terima Sertifikat BNSP

Share
Dengarkan

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Sebanyak 100 orang pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Kota Kendari menerima sertifikat Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir mengatakan, dengan adanya sertifikat tersebut para pelaku UMKM dapat menjadi usaha yang unggul di Kota Kendari, bahkan bisa sampai ke luar negeri.

“Selain mengikuti sertifikasi pendamping atau mentor, nantinya juga dapat mengikuti berbagai pelatihan yang sudah diselenggarakan, baik itu pelatihan modern digital, pelatihan modern global dan berbagai program lain nantinya, mudah-mudahan ini bisa menyemangati teman-teman,” ujar Sulkarnain saat memberikan sambutan di salah satu hotel di Kendari, Selasa ( 21/12/2021).

Dia mengatakan, UMKM dapat menjadi usaha yang unggul terutama di kancah internasional dengan produk yang telah dikembangkan dan sudah memiliki label branding.

“Dengan adanya produk tersebut semoga dapat bersaing di kancah internasional,” ucapnya.

Ketua Kendari Preneur Syarif Maulana mengatakan, dengan pemberian sertifikat BNSP tersebut diharapkan dapat menjadi UMKM unggul di Kota Kendari.

“Jadi dengan pemberian sertifikat tersebut membuktikan mereka semua telah diverifikasi berkompeten oleh negara, setelah melalui seleksi yang ketat,”

Dia mengatakan, kualitas mentor yang ada di Kota Kendari mumpuni karena sudah melalui ujian kompetensi mentor BNSP. Dengan kemampuan tersebut diharapkan dapat menghasilkan produk-produk unggulan berbasis kearifan lokal. (bds*)

Reporter: M5
Editor: J. Saki

Komentar