oleh

Kapal Pengangkut Minyak Terbakar di Perairan Baubau

BAUBAU, DETIKSULTRA.COM – KM Samudra, sebuah kapal pengangkut bahan bakar minyak (BBM), terbakar di sekitaran perairan Baubau. Kebakaran diduga berasal dari salah satu drum yang berisi bahan bakar jenis bensin.
Awak KM Samudra, La Sura mengatakan, kapal yang telah beroperasi selama tujuh tahun tersebut mengangkut 5 ton BBM milik Haji Jiha, yang dikelolah anaknya, Rumbana dan H La Frangko.
“Pada saat kapal dihidupkan mesinnya, langsung tiba-tiba ada ledakan,” katanya.
La Sura menerangkan, kapal mengakut bahan bakar dari kota Baubau, Pelabuhan Sulaa, menuju Kecamatan Siompu Barat, Kabupaten Buton Selatan. Sebelum berangkat anak buah kapal telah melakukan pengecekan dengan menyiram badan kapal, bahkan sampai mengecek mesin kapal.
Namun selepas kapal siap berangkat, tiba-tiba ada percikan api dari drum bensin dan langsung meledak. Sempat ABK kapal berupaya memadamkan api namum tidak berhasil sampai seluruh badal kapal terbakar.
“Sempat ABK berusaha memadamkan kapal, namun tidak berhasil, akhirnya ABK lompat ke laut menyelamatkan diri,” ucapnya.
Untuk diketahui, kapal KM Samudra bermuatan 42 drum BBM dan empat awak. Dalam kebakaran tersebut tidak ada korban jiwa namun kerugian di perkirakan mencapai ratusan juta rupiah.
Reporter: Safrin
Editor: Ann

Komentar

News Update