Categories: Kampus

HMPS Ilmu Komunikasi UHO Gelar Pelatihan Desain Grafis

Share
Dengarkan

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Universitas Halu Oleo (UHO), mengadakan pelatihan desain grafis di Aula FISIP, pada Senin (07/10/2024). Kegiatan ini ditujukan untuk membekali mahasiswa baru dengan keterampilan desain grafis guna mendukung kemampuan soft skill mereka di era digital.

Ketua HMPS Ilmu Komunikasi,La Ode Muh. Nazharuddin dalam sambutannya, menyampaikan bahwa pelatihan ini merupakan upaya untuk mempersiapkan para mahasiswa baru agar memiliki keterampilan tambahan yang dapat bermanfaat di dunia akademik maupun profesional.

“Kami berharap pelatihan ini bisa menjadi bekal awal bagi mahasiswa baru dalam mengembangkan kreativitas dan potensi mereka, terutama di bidang desain grafis,” ujarnya.

Sementara itu, pemateri utama dalam pelatihan ini, La Taya, S.I.Kom., M.A.P menjelaskan bahwa penting bagi mahasiswa untuk memahami dasar-dasar desain grafis di tengah pesatnya perkembangan teknologi saat ini.

“Desain grafis kini bukan hanya sekadar alat komunikasi visual, tetapi juga dapat menjadi sumber penghasilan,” jelasnya.

Ia menambahkan, karya desain grafis dapat dihasilkan menggunakan berbagai aplikasi, baik yang gratis maupun berbayar, Selain itu, desain grafis juga berperan penting dalam menyampaikan pesan kepada audiens. Sebagai contoh, La Taya menggambarkan penggunaan desain untuk menyampaikan sindiran atau kritik secara visual.

“Misalnya, gambar seorang presiden di salah satu media berita yang disertai bayangan patung Pinokio dengan hidung panjang. Ini memiliki makna tersendiri yang akan diterjemahkan oleh orang yang melihatnya,” ujarnya. (**)

 

Reporter: Orin Sulfatiar
Editor: Wulan

Komentar