oleh

Jangan Khawatir, Uang Lusuh dan Tak Layak Edar Bisa Ditukar dengan Uang Baru

-Ekobis-53 views

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Bank Indonesia Perwakilan Sultra, kembali membuka pelayanan kas keliling untuk penukaran uang tidak layak edar. Kegiatan ini dilaksanakan di pelataran Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Kendari, Sabtu, (6/10/2018).

Pelayanan kas keliling disambut positif warga Kota Kendari. Mereka memadati loket untuk menukarkan uang pecahan kecil.

Kepala Kantor Perwakilan Wilayah Bank (KPWBI) Sultra, Minot Purwahono mengatakan, kegiatan ini merupakan rangkaian kas keliling yang rutin dilaksanakan, dengan tujuan mengambil dan menukarkan uang tidak layak edar yang ada di masyarakat, dengan uang baru.

Selain itu juga, untuk membantu memenuhi kebutuhan pedagang terhadap uang pecahan kecil. Mengingat perputaran uang di lokasi ini bisa mencapai Rp3 miliar per hari.

“Jadi dengan adanya petugas BI ke lapangan melakukan pelayanan kas keliling dapat mempermudah akses masyarakat untuk menukarkan uang lusuhnya atau tidak layar edar, tanpa harus ke kantor kami,” katanya.

Satu di antara warga, Dini, memanfaatkan kesempatan layanan penukaran uang kas keliling di pelataran TPI. Ia mengatakan hanya menukarkan uangnya Rp500 ribu.

“Ini untuk keperluan uang kembalian di warung,” ujar Dini yang memiliki usaha warung kopi ini.

Selain ditempat pelelangan ikan, BI juga akan membuka kas keliling di Pasar Sentral Kota Kendari. Penukaran uang di dua pasar ini, KPWBI Sultra menyiapkan uang Rp400 juta.

Reporter: Ningsih
Editor: Ann

Komentar

News Update