oleh

Ini Lima Parpol Paling Populer dan Disukai di Sultra

KENDARI, DETIKSULTRA.COM- Hasil survey terkini lembaga The Haluoleo Institute mengungkap ada lima partai politik paling populer dan disukai di Sultra.

Lima parpol dengan tingkat popularitas tinggi ditempati oleh partai Golkar dengan angka 93,5 persen, disusul PDIP diangka 92,4 persen, PAN diangka 91,8 persen, Demokrat 90,7 persen, dan Gerindra dengan 90,4 persen.

Ada yang menarik dengan partai berlambang moncong putih, PDIP. Pada tingkat kesukaan parpol, partai yang pimpinan Ir Hugua di Sultra ini, justru turun di urutan ke lima, dengan angka persentase kesukaan hanya 59,5 persen. Urutan pertama tingkat kesukaan parpol adalah Golkar diangka 66,7 persen, disusul Demokrat 63, 7 persen, Gerindra 63,1 persen dan PAN 61,1 persen.

Direktur THI, Naslim Sarlito Alim memprediksi tak berbanding lurusnya tingkat popularitas dan kesukaan PDIP karena maraknya informasi miring kepublik soal partai milik penguasa pemerintah itu.

“Kemungkinan karena gencarnya informasi negatif soal PDIP dimasyarakat,” ujar Naslim.

Sementara itu, PKS, NasDem, Hanura, PPP, PBB, dan PKB masing-masing berada diposisi ke enam s.d sepuluh urutan parpol tingkat popularitas dan kesukaan.

Sedangkan partai pendatang baru dipemilu 2019, berada dilima urutan bawah, yakni Perindo dengan popularitas 73,2 persen dan kesukaan 45 persen, Berkarya dengan 39,5 persen dan 20,7 persen, PSI 41,7 persen dan 20,5 persen, dan Garuda 38,5 persen dan 19,7 persen, serta PKPI popularitas 35,3 persen dan kesukaan 17,7 persen.

Reporter : Dahlan
Editor: Sumarlin

Loading...

Komentar

News Update