oleh

Hutan Bambu Desa Kahianga, Potensi Wisata Baru Pulau Tomia

-Wakatobi-295 views

WAKATOBI, DETIKSULTRA.COM – Festival Pulau Tomia yang diselenggarakan di Kecamatan Tomia Timur, Sabtu (06/10/2018), menghadirikan potensi wisata alam Desa Kahianga dengan keindahan hutan bambunya.

Bupati Wakatobi, H Arhawi, mengatakan, kepariwisataan Wakatobi harus menggali berbagai potensi yang dimiliki tiap-tiap daerah seperti di Desa Kahianga yang sudah digagas oleh Ikatan Kreatif Kolaborasi Organisasi Nasional (IKKON) untuk mengembangkannya sebagai desa bambu.

“Setelah mendapat pendampingan dari teman-teman IKKON, diharapkan ketika mengembangkan potensi yang mereka miliki, maka tidak sulit lagi untuk mendorong agar mereka mandiri,” jelasnya

Stering Komite IKKON, Adi Nugraha, mengatakan, pembukaan wisata hutan bambu Desa Kahianga merupakan suatu rangkaian finalisasi berbagai program IKKON yang ada di Wakatobi.

Tahun ini, IKKON mencoba melakukan terobosan baru dengan melakukan pameran di kebun bambu. Bersama masyarakat, IKKON mengubah kebun bambu menjadi ruang publik yang menarik untuk dikunjungi.

“Biasanya pameran IKKON dilakukan di tempat-tempat yang sangat normal misalnya di gedung Pemda dan sebagainya. Tahun ini kami mencoba alternatif lain. Kami mencoba menggelar pameran di tempat yang tidak umum dan tidak lazim. Tapi dengan demikian, kami bisa menghidupkan sebuah lokasi yang tadinya nothing atau tidak ada apa-apa, banyak nyamuk dan hanya kebun bambu, kami sulap menjadi tempat yang sangat menarik untuk dikunjungi,” katanya.

Menurutnya, pembukaan hutan bambu sebagai tempat wisata adalah bukti bahwa Wakatobi tak hanya memiliki potensi wisata laut, tapi juga di daratan.

Reporter: Ema
Editor: Rani

Komentar

News Update