Categories: Headline

Salinan Data C1 TPS di Dapu-dapura Raib

Share
Dengarkan

KENDARI, DETIKSULTRA.COM-Lembar salinan C1 hasil hitungan pemilu di TPS-TPS wilayah Kelurahan Dapu-dapura Kecamatan Kendari Barat, raib.

Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Idham Saranani, membenarkan hilangnya lembaran salinan data C1 yang terpajang di papan informasi Kelurahan Dapu-dapura.

Kuat dugaan, semua lembaran C1 yang dipajang tersebut, dicuri orang tak bertanggungjawab. Modusnya belum diketahui, apakah pelakunya pendukung dari caleg tertentu yang kalah dihitungan TPS atau bukan.

[artikel number=3 tag=”tps,salinan,” ]

“Yah hilang dicuri, itu baru diketahui saat kami lakukan Monitoring, semuanya salinan C1 di pajang papan kelurahan supaya transparansi,” ujar Idham Saranani via seluler, Jumat (19/4/2019).

Lanjut Idham, raibnya lembar salinan C1 itu, tak berpengaruh signifikan dengan agenda pleno hasil hitungan suara ditingkat PPK nanti, sebab itu hanya copian dan salinan aslinya tersimpan dalam kotak suara tersegel, bahkan data hasil hitungan suara caleg dan capres di TPs juga dipegang saksi.

“Pastinya tidak berpengaruh pleno nanti, karena itu kan copian, aslinya ada, saksi juga pegang data-datanya, ” tambahnya.

Sebagai tindak lanjut, PPK Kendari Barat, sudah menginformasikan raibnya lembar salinan data C1 tersebut ke Panwas dan Bawaslu.

Reporter: Dahlan
Editor: Sumarlin

Komentar