Categories: Headline Metro Kendari

Hari Ini, DPRD Sultra Tetapkan Tiga Nama Pj Gubernur untuk Diusul ke Kemendagri

Share
Dengarkan

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – DPRD Sulawesi Tenggara (Sultra) segera menetapkan tiga nama calon Pejabat (Pj) Gubernur Sultra untuk menggantikan sementara jabatan Gubernur Ali Mazi dan Wakil Gubernur, Lukman Abunawas yang berakhir September 2023. Ketua Fraksi Partai Golkar DPRD Sultra, Aksan Jaya Putra (AJP) mengatakan, hari ini, Selasa (1/8/2023), pihaknya akan menggelar rapat paripurna DPRD dengan agenda penetapan usulan calon Pj Gubernur Sultra.

“Hari ini, rapat paripurna penetapan usulan Pj Gubernur Sultra,” ungkap AJP saat dihubungi lewat pesan whatsapp.

Unsur pimpinan dan seluruh anggota DPRD Sultra bakal hadir guna merembukkan tiga nama yang nantinya diusul ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

AJP mengatakan, sebelumnya delapan fraksi, termasuk Fraksi Partai Golkar telah mengikuti rapat usulan fraksi. Empat nama diusulkan dalam rapat yang digelar beberapa waktu lalu.

Keempat nama tersebut diantaranya Sekertaris Daerah (Sekda) Sultra, Asrun Lio, Rektor Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari, Prof. Muhamad Zamrun Firihu, Mantan Kapolda Sultra, Andap Budhi dan Kapolda Bangka Belitung yang juga mantan Kapolda Sultra, Yan Sultra.

Mereka yang diusulkan, sifatnya belum final. Masih akan dilakukan musyawarah melalui rapat paripurna. Adapun sistem pemilihannya, AJP mengaku belum mengetahui secara pasti.

“Belum ditahu, yang jelas hari ini akan lahir tiga nama yang akan dibawa ke Kemendagri,” tukasnya. (ads)

Reporter: Sunarto
Editor: Wulan

Komentar