oleh

Gambus, Jadi Daya Tarik Pengunjung di Plaza Inn Kendari By Horison

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Plaza Inn Kendari by Horison punya cara tersendiri untuk menarik pelanggan dan memanjakan para pengunjungnya.
Hotel yang beralamat di Jalan Antero Hamra 57 Kecamatan Kadia, Kota Kendari ini, memberdayakan jasa seorang pemusik gambus tuna netra lokal, Rustam (55) asal Boro-boro Kabupaten Konawe Selatan (Konsel).
“Saya sendiri yang mencari dia jauh dipelosok bagian Boroboro. Selama dia bermain disini, alhamdulillah pengunjung makin banyak yang datang,” ujar General Manager (GM) Plaza Inn Yusup Maulana kepada Detiksultra.com.
Meskipun memiliki keterbatasan, Rustam ini piwai dalam memainkan alat musik gambus dengan menyanyikan lagu dari berbagai suku seperti, Muna, Tolaki, Bugis dan lainnya.
Lebih lanjut, semangat melestarikan budaya lokal yang dimiliki Rustam dan pihak hotel, kata Yusuf membuat pria paruh baya itu, mau mengorbankan waktunya untuk menghibur para pengunjung di lobi hotel, tiga kali dalam sepekan.
“Kita punya semangat yang sama, kami membayar jasanya dengan upah yang tidak seberapa pun, dia tetap setia dan serius bekerjasama dengan kami,,” ungkapnya.
Daya tarik dari alunan musik gambus yang dihasilkan dari tangan lusuh pria paruh baya itu, diakui oleh salah satu pengunjung hotel bernama Ronal. Ia mengapresiasi terobosan yang dilakukan oleh GM Plaza Inn Kendari.
“Ini terobosan baru di perhotelan Sultra, sangat jarang kami temukan suasana khas daerah ketika mendatangi hotel-hotel di Kendari, saya sangat suka, sangat kreatif, apalagi ada semangat melestarikan budaya saya turut apresiasi,” cetus Ronal.
Dirinya berharap, hotel-hotel di Sultra khususnya di Kota Kendari juga bisa meniru semangat pelestarian budaya yang dimiliki GM Plaza Inn dengan mencoba varian lain. Baginya ini akan meningkatkan pengunjung khususnya dari mancanegara, sehingga secara otomatis Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Kendari bisa naik.
Reporter: Fadli Aksar
Editor: Arlink

Komentar

News Update