oleh

Festival Budaya Tua Buton Tampilkan 5000 Penari

-Baubau, Buton, Cerita, Unik-96 views

BUTON, DETIKSULTRA.COM – Pergelaran Festival Budaya Tua Buton kembali digelar pada Agustus 2018 mendatang. Festival ini akan menampilkan lima tarian lokal, dengan jumlah penari sebanyak 5000 orang. Pemda Buton telah mempersiapkan dengan matang pergelaran festival terbesar di tanah Buton tersebut.
Sekretaris Dinas (Sekdin) Kebudayaan Kabupaten Buton, Inal mengatakan, kelima tarian yang akan di tampilkan pada acara puncak festival tersebut yakni, Tari Kaleko, Tari Lawati, Tari Bosu, Tari Potimbe dan Tari linda-Ngibi.
“Tahun ini kita tampilkan hanya 5000 penari, setengahnya dari tahun lalu,” katanya saat ditemui diruang kerjanya. (13/7/18).
Inal menerangkan, para peserta penari berasal dari siswa-siswi se Kabupaten Buton dari tingkat SD sebanyak 2.500 siswa, SMP sebanyak 1.500 siswa dan SMA sebanyak 1000 siswa.
Selain penampilan tarian klosal, festival pada tahun ini sedikit berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, dimana tahun ini ada beberapa item perlombaan, diantaranya, lomba kesenian tradisional, lomba foto, dan lomba menulis.
“Tahun ini kita kemas sedemikian rupa, sehingga menghasilkan festival yang berkualitas, dan kita dapat mencapai Budaya Tua Buton Pesonakan Indonesia,” tuturnya.
Relorter : Safrin
Editor : Arlink

Komentar

News Update