Categories: Ekobis

OJK Sultra Harap Percepatan Akses Keuangan Lebih Masif

Share
Dengarkan

KENDARI, DETIKSULTRA.COM– Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) berharap percepatan akses Keuangan dapat lebih masif.

Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir, menghadiri pertemuan tahunan OJK dalam rapat koordinasi Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPKAD) Tahun 2021.

Pertemuan tersebut diikuti melalui video conference di Media Center Rumah Jabatan Wali Kota didampingi Kepala OJK perwakilan Sultra dan Sekretaris daerah (Sekda) Kota Kendari.

Dewan Komisaris OJK Tirta Segara, mengharapkan di tengah Pandemi ini, percepatan akses keuangan daerah dapat lebih masif sesuai dengan rencana aksi daerah/road maps 2021-2025.

Ditahun 2022 dapat terbentuk lebih banyak lagi implementasi program tematik TPAKD dalam akselerasi layanan keuangan digital serta implementasi bisnis matching untuk mendorong bisnis di daerah.

Dia mengungkapkan, salah satu capaian ditahun 2021 adalah pembukaan rekening untuk pelajar, hingga Desember tahun ini sudah terdapat 62,7 persen pelajar telah memiliki rekening.

“Beberapa capaian akselerasi, pembukaan rekening tabungan melalui, satu rekening satu pelajar (Kejar) dalam rangka Indonesia menabung,” ungkapnya melalui video conference, Kamis (16/12/2021).

Lanjutnya, untuk mensukseskan itu dibutuhkan dukungan dari pemerintah daerah, sehingga pengimplementasiannya dapat lebih masif.

Selain itu akses pembiayaan yang mudah dan cepat perlu dilakukan untuk melawan rentenir atau pinjaman online yang saat ini cukup marak di masyarakat.

“Akselerasi program pembiayaan, biaya yang murah dan cepat dalam hal melawan rentenir, untuk melawan pinjaman ilegal yang cukup marak,” ucapnya.

Terbentuknya TPAKD juga berdampak pada pemberdayaan Usaha, Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) untuk naik kelas melalui digitalisasi UMKM seperti UMKM go ekspor dan UMKM naik kelas yang mendorong UMKM dapat bersaing serta mendapatkan akses permodalan yang mudah.

Dia berharap agar stakeholder dan yang bekerja di sektor jasa keuangan dapat mewujudkan road maps tahun 2021-2025 serta dengan pertemuan tahunan rapat koordinasi TPKAD dapat menjadi momentum untuk pemulihan ekonomi nasional.

 

Reporter: M5
Editor: Via

Komentar