oleh

Dua Mahasiswa Bidikmisi IAIN Kendari Ikut Asian Youth Forum

-Kendari, Pendidikan-1.655 views

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Dua mahasiswa IAIN Kendari, Asri Yuliana (Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah) dan Aguswari (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam) turut serta pada kegiatan Asian Youth Forum (AYF) ke-20. Kegiatan ini digelar di Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar, 27 hingga 31 Agustus 2018.
Keduanya merupakan penerima beasiswa Bidikmisi, dan sebelumnya telah mengikuti pembinaan penulisan karya ilmiah yang diselenggarakan oleh pengelola Bidikmisi IAIN Kendari. Mereka dinyatakan lolos seleksi mulai dari pengiriman abstrak hingga wawancara berkaitan ide, gagasan dan motivasi mereka mengikuti event internasional ini.
Di kegiatan yang diikuti lima negara yaitu Jepang, Rusia, Amerika Serikat, Filipina dan Indonesia ini dimanfaatkan Aguswari untuk mempresentasikan essay dengan judul Culture and Local Language of Indonesia. Sedangkan Asri Yuliana akan mengangkat studi tentang Stress Akademik yang dialami Mahasiswa di Indonesia.
Dosen pembina, Fahmi Gunawan mengungkapkan, keikutsertaan mereka dalam event AYF bertujuan memberikan pengalaman dan membuka jaringan mahasiswa pada dunia internasional untuk kepentingan yang lebih luas di masa yang akan datang.
“Mereka memperoleh pengalaman berinteraksi dalam event antar bangsa melalui pengenalan budaya dan pemahaman silang peradaban, ini akan sangat bermanfaat bagi mahasiswa dalam meningkatkan kapasitas serta networkingnya”, kata Fahmi Gunawan, seperti yang dikutip dari laman https://iainkendari.ac.id.
Bebernya, selain presentasi tersebut, mereka juga memperkenalkan budaya Indonesia pada sesi Culture Exchange bersama delegasi dari Jepang. Kedua mahasiswa ini didampingi oleh dosen pendamping, Suhartini Syukri.
Event AYF di Makassar adalah yang pertama kalinya diselenggarakan di Indonesia. sebelumnya, event ini dilaksanakan di berbagai negara di Asia. Rencananya, AYF yang ke-21 akan diselenggarakan di Kendari.
Reporter: Yusuf Maronta
Editor: Rani

Komentar

News Update