oleh

Chef Hotel Fortune Front One Kendari Ini Awalnya Bercita-Cita Jadi Pilot

-Feature-126 views

Tak banyak laki-laki yang memilih profesi ini. Hagai Kris Setiawan adalah satu dari sedikit laki-laki yang menggelutinya. Ya, karena dapur dan dunia masak-memasak selalu diidentikkan dengan wanita.

Tapi Chef kelahiran Sleman ini sama sekali tidak canggung berada di antara panci, kompor dan pisau dapur. Jangan tanya bagaimana rasa masakannya. Anda pasti tak mengira kalau makanan yang Anda makan di hotel Fortune Front One Kendari adalah hasil olahan seorang chef laki-laki.

Pria berumur 36 tahun ini sudah delapan tahun bergelut dengan dunia masak-memasak. Siapa sangka, ternyata profesi inilah yang membesarkannya.

Kehidupannya yang kini sudah serba kecukupan, tak ada yang mengetahui bahwa pria ini ternyata tidak pernah bermimpi akan menjadi seorang juru masak, apalagi sampai menjadi chef yang mengatur seluruh kru di dapur atau restauran.

“Dulu tidak ada pikiran akan jadi chef. Waktu kecil, saya pengennya jadi pilot,” ujarnya tertawa.

Sekejap saja, cita-cita menjadi pilot itu terhapus sejak melihat aksi seorang chef di salah satu hotel, pada saat training kapal pesiar selama enam bulan.

“Dalam benak saya waktu itu, menjadi seorang chef ternyata profesi yang menjanjikan. Berangkat dari situ, pada tahun 2007 saya mulai meniti karir dengan bekerja di salah satu cafe kecil di Yogyakarta sebagai cook atau juru masak, dengan gaji Rp500 ribu per bulan selama satu tahun,” kenang Hagai.

Lalu kemudian ia memilih berpindah tempat untuk mencari pengalaman baru dan ilmu baru, di berbagai cafe di Yogyakarta. Sampai pada akhirnya ia memilih hijrah ke Kota Kendari pada tahun 2012.

Dari Kota Kendarilah, Hagai mulai bergelut dengan dapur hotel dengan posisi yang sama pada saat bekerja di cafe yaitu sebagai cook. Sampai pada akhirnya, satu tahun berjalan, dia dipercaya menjadi junior supervisor.

Tak puas di satu hotel, Hagai kemudian pindah lagi ke hotel lain. Setelah bekerja selama dua tahun, posisinya kembali naik menjadi supervisor.

Dengan segudang Ilmu yang sudah diperolehnya, nampaknya Hagai Kris Setiawan tidak mau puas untuk terus belajar dan menambah ilmu. Sampai pada akhirnya, ia pindah ke Hotel Fortune Front One Kendari dengan posisi Executive Sous Chef.

“Saya terus belajar untuk naik level sampai akhirnya di tempat ini saya naik lagi sebagai Executive Sous Chef,” ujarnya.

Di Hotel Fortune Front One Kendarilah Hagai Kris Setiawan bekerja sampai saat ini dan terus melakukan karya-karya baru dalam menyajikan makanan yang sebisa mungkin berbeda dengan hotel lain di Kota Kendari.

Dengan bekal pengalaman yang banyak di berbagai hotel, menu vegetarian menjadi menu andalan yang ditawarkan Hagai Kris Setiawan di Hotel Fortune Front One Kendari. Sejatinya menu andalan ini hampir sama di beberapa hotel di Kota Kendari. Namun berbeda pada tidak ada yang lebih konsen dalam menyediakan menu vegetarian dibandingkan di hotel ini.

Laporan: Ahmad Sadikin
Editor: Rani

Komentar

News Update