oleh

Buton, Tambah Dua Positif Covid-19

BUTON, DETIKSULTRA.COM – Kabupaten Buton bertambah dua kasus positif Covid-19. Salah satunya, menulari Tenaga Kesehatan (Nakes) rumah sakit.

Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Buton, dr. Hayun Menjelaskan, penambahan pasien Covid-19 tersebut yaitu laki-laki (25) Nakes merupakan klaster RSUD, dan perempuan (25) sporadis, sehingga saat ini total pasien terpapar Covid-19 Buton, berjumlah 38 orang.

“Bertambahnya pasien positif ini, merupakan sporadis dan satu klaster baru, dimana sebelumnya telah terpapar 27 Nakes, dan saat ini bertambah satu lagi,” katanya saat konfrensi pers (26/06/2020).

Ia juga mengatakan, pihaknya telah melakukan rapid tes sebanyak 1.064 orang, sedangkan swab tes sebanyak 115 sampel dengan hasil positif sebanyak 38 orang, serta total PDP 1 orang, ODP 1 orang dan OTG sebanyak 65 orang.

“Kita rencanakan hari Sabtu dan Minggu ini, akan dilaksanakan follow up (swab ulang) terhadap 30 pasien yang positif sebelumnya, agar diketahui apakah hasil swabnya negatif atau tetap positif,” tuturnya.

BACA JUGA:

Lanjutnya, pasien Nakes sebelum diambil tes swab hasil tes rapid reaktif dan mengalami sesak nafas sehingga dilakukan tes swab dan hasilnya positif.

Sedangkan pasien sporadis hasil rapid reaktif sehingga diambil tes swab dan hasilnya positif, kedua pasien merupakan warga Kecamatan Pasarwajo.

Dengan bertambahnya pasien di buton ini Hayun berharap, dan dominan sporadis di Kabupaten Buton, agar warga selalu waspada jaga jarak, pakai masker dan ikuti protokol kesehatan.

Reporter: Lhia
Editor: Via

Komentar

News Update