oleh

Bupati Konsel Doakan KPPS Wafat di Upacara Harkitnas

KONAWE SELATAN, DETIKSULTRA.COM-Hari ini tanggal 20 Mei, masyarakat Indonesia memperingati momen Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-111.

Di Konawe Selatan (Konsel, Sultra, peringatan Harkitnas dilaksanakan dalam sebuah upacara yang dipimpin langsung Bupati, H Surunuddin Dangga, ST MM. Upacara berlangsung dilapangan upacara rumah jabatan Bupati Konsel di Andoolo, Senin (20/5/2019).

Bupati Konsel, Surunuddin Dangga, yang membacakan sambutan Menteri Komunikasi dan Informatika RI, Rudiantara, menyampaikan bahwa embrio negara kesatuan Indonesia lahir dari semangat sumpah palapa yang naskahnya ditemukan pada kitab pararaton. Semangat itu terpatriot dalam diri para pahlawan bangsa yang berjuang untuk kesatuan nusantara.

“20 Mei 2019 kali ini sangat relevan dimaknai dengan teks Sumpah Palapa,” ujar Surunuddin.

Berdirinya Indonesia tak lepas dari tantangan perlawanan penjajah, dan saat merdeka tahun 1945, Indonesia berbenah dengan paham demokrasinya.

Pemilu menjadi bagian dalam perjalanan bangsa Indonesia denganemilih pemimpin negara yang tangguh dimata rakyat dan dunia Internasional.

Kata Surunuddin, pesta demokrasi pemilu telah usai, banyak menguras energi dan emosi, namun semua pilihan pasti diniatkan untuk kebaikan bangsa.

“Alhamdulillah sampai sekarang tahapan pemilu berlangsung lancar, ini juga berkat pengorbanan saudara-saudara kita yang menjadi anggota KPPS khususnya yang telah pengorbanan nyawa, sungguh mulia perjuangan mereka untuk menjaga kelancaran dan kejujuran proses pemilu ini,” jelasnya.

Pada kesempatan ini, bupati mendoakan bagi para KPPS pemilu yang wafat dan sakit pasca bertugas pada penyelenggaraan pemilu terbesar di negeri ini.

“Kita haturkan doa sekaligus ucapan terima kasih atas pengorbanan mereka dipemilu, kita saat ini bersama-sama menunggu ketetapan penghitungan suara resmi yang diumumkan oleh KPU,” ungkapnya.

Dalam upacara Harkitnas, Surunuddin, juga mengungkap pentingnya kekuatan SDM dan populasi pasar Indonesia, untuk mengimbangi ketatnya persaingan ekonomi negara maju seperti Amerika, Tiongkok, bahkan India.

“Selamat memperingati Harkitnas, sebagai sesama anak bangsa secara sadar, mari maknai peringatan Harkitnas dengan memperbarui semangat gotong royong dan kolaborasi sebagai warisan kearifan lokal yang akan membawa kita menuju kejayaan di pentas global,” pungkas Surunuddin.

Upacara di hadiri Wakil Bupati Konsel, Dr H Arsalim Arifin, SE M.Si dan Sekretaris Daerah (Sekda), Ir Drs H. Sjarif Sajang M.Si serta diikuti pimpinan OPD lingkup Pemda Konsel beserta jajaran.

Reporter: Hasrudin
Editor: Dahlan

Loading...

Komentar

News Update