oleh

Bupati Konkep Pertimbangkan Pengadaan Alat Pendeteksi Tsunami

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Pekan lalu telah terjadi gempa dan tsunami di Palu-Donggala Sulawesi Tengah. Peristiwa itu memakan banyak korban jiwa dan mempora-porandakan wilayah tersebut.

Mengacu pada peritiwa naas tersebut, Pemerintah Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep), mempertimbangkan untuk mengadakan alat pendeteksi tsunami. Sebab wilayah Sultra secara geografis adalah daerah potensial terjadinya bencana alam serupa.

“Ke depan kita akan pertimbangkan pengadaaan alat pendeteksi tsunami. Kalau pendeteksi gempa kan sudah ada dari BMKG,” ucap Bupati Konkep, Amrullah kepada Detiksultra.com.

Amrullah menambahkan, pengadaan alat pendeteksi tsunami merupakan program pemerintah pusat yang diperuntukkan bagi daerah yang wilayahnya dekat dengan lautan. Sehingga sampai saat ini, Pemerintah Konkep belum melakukan pengusulan pengadaan alat tersebut.

“Belum ada, itu kan program nasional. Pemda belum usulkan. Kan selama ini wilayah kami masih relatif aman terhadap gempa. Biasanya yang paling rawan itu pesisir Selatan Sumatera, Nusa Tenggara dan Jawa, namun baru kali ini bergeser ke arah kita,” katanya.

Amrullah mengimbau masyarakat untuk tetap tenang dalam kondisi gempa. Namun harus tetap waspada. Karena belum ada keilmuan manapun atau ahli yang mampu mendeteksi kapan dan dimana akan terjadi,” tukasnya.

Reporter: Sunarto
Editor: Rani

Komentar

News Update