oleh

Bupati Buton Serahkan Bantuan Stimulan KUBE

BUTON, DETIKSULTRA.COM – Bupati Buton, La Bakry, menyerahkan secara simbolis bantuan stimulan usaha ekonomi produktif kepada 50 Kelompok Usaha Bersama (KUBE) di Kecamatan Pasarwajo bertempat di Aula Kantor Bupati, Takawa, Kamis, 4 Juni 2020.

Bantuan modal yang digelontorkan Kementerian Sosial RI Tahun 2020 ini sebesar Rp 20 juta per kelompok. Satu kelompok usaha bersama terdiri dari 10 orang.

Di hari yang sama, Bupati Buton juga menyerahkan secara simbolis bantuan serupa kepada lima KUBE di Kecamatan Lasalimu Selatan yang bertempat di Rujab Camat Lasalimu Selatan. Total sebanyak 50 Kelompok Usaha Bersama yang mendapat bantuan stimulan di Kecamatan Lasalimu Selatan untuk dua desa yakni Desa Ambuau Indah dan Lasalimu. Penyaluran bantuan ini bekerja sama dengan Bank Negara Indonesia (BNI).

Bupati Buton, La Bakry, berharap dengan bantuan stimulan ini dapat menjadi modal untuk membantu perekonomian masyarakat Kabupaten Buton untuk basis pengembangan usahanya.

BACA JUGA :

“Total ada 100 kelompok yang mendapatkan bantuan di Kabupaten Buton yakni 50 Kelompok Kecamatan Pasarwajo dan 50 Kelompok Kecamatan Lasalimu Selatan. Buton menjadi salah satu dari tiga kabupaten yang menerima bantuan stimulan untuk KUBE di Provinsi Sulawesi Tenggata. Kebetulan juga penyaluran bantuan dilakukan pada masa pandemi Covid-19 sehingga diharapkan bisa meringankan beban masyarakat,” tambahnya.

Pada kesempatan itu juga, tidak lupa menyosialisasikan protokol kesehatan dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19 kepada masyarakat.

Sementara itu, Kepala BNI Cabang Bau-bau, Awaluddin mengungkapkan, akan menyiapkan mobil khusus yang didatangkan langsung ke Kecamatan Lasalimu Selatan untuk percepatan pelayanan penyerahan bantuan stimulan/ buku rekening.

“Kami membutuhkan kelengkapan administrasi dari kelompok usaha untuk persiapan menerima bantuan, khususnya Ketua dan Bendahara KUBE dan BNI siap untuk mendatangkan mobil khusus untuk mempercepat penyerahan bantuan ini,” tandasnya.

Ia menambahkan, bagi kelompok usaha yang nyata-nyata berhasil mengembangkan usaha dengan modal ini akan diberikan bantuan KUR (Kredit Usaha Rakyat) dengan suku bunga 6 persen per tahun atau 0,5 persen per bulan.

Acara penyerahan bantuan stimulan turut dihadiri Wakil Bupati, Iis Elianti, Sekretaris Daerah, La Ode Zilfar Djafar, Kepala Cabang Bank Sultra Pasarwajo, para asisten dan kepala OPD serta Camat Pasarwajo dan Lasalimu Selatan.

Reporter: Lhia
Editor: Via

Komentar

News Update