Wakatobi

Wakatobi Wave 2023 sebagai Ajang Tampilkan Kekayaan Budaya

Dengarkan

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Pj Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) Andap Budhi Revianto mengatakan, Wakatobi Wave atau Wakatobi Wonderful Festival & Expo sebagai ajang menampilkan kekayaan budaya lokal.

Diketahui, Wakatobi Wave kembali terpilih menjadi bagian dari acara pariwisata nasional. Di tahun ini, ajang tersebut akan diselenggarakan pada 2-6 November 2023.

Wakatobi Wave tahun 2023 mengangkat Pasi Kamba “Harmoni dalam Kesentosaan” sebagai tema untuk menunjukkan semangat, nilai dan harapan besar masyarakat khususnya insan pariwisata.

Hal ini agar selalu dinaungi keberuntungan dan kemudahan langkah dalam upaya mendorong percepatan pembangunan pariwisata yang berkualitas dan berkelanjutan di Wakatobi.

Andap menuturkan, acara ini menjadi ajang bagi Sulawesi Tenggara, khususnya Pemkab Wakatobi untuk menampilkan keunikan, keluhuran, dan kekayaan budaya Wakatobi bagi wisatawan lokal maupun mancanegara.

“Wakatobi Festival dan Expo telah sembilan tahun berturut-turut ditetapkan sebagai bagian dari Event Pariwisata Nasional, yaitu enam tahun dalam Calender of Event dan tiga tahun terakhir dalam Kharisma Event Nusantara,” kata Andap melalui keterangannya, Rabu (1/11/2023).

Ia menambahkan, ajang ini menjadi kesempatan untuk mengenalkan keindahan Wakatobi kepada para wisatawan, baik wisatawan nasional maupun internasional.

Event selama lima hari ini menjadi ruang kreasi, ekspresi, dan partisipasi bagi seluruh insan pariwisata dan ekonomi kreatif di Wakatobi. Olehnya itu, event ini harus dimanfaatkan untuk meningkatkan ekonomi melalui kunjungan wisatawan.

“Kegiatan ini diharapkan menjadi faktor untuk kebangkitan ekonomi melalui peningkatan kunjungan wisata nusantara termasuk mancanegara dalam bingkai program bangga berwisata di Indonesia,” papar Andap.

Andap menyebut daerah Wakatobi dikenal sebagai “surga” bagi para penyelam karena pesona bawah laut yang memukau.

Selain itu, daerah maritim Wakatobi memiliki beragam flora dan fauna yang dapat dinikmati.

“Pengunjung dapat menikmati keindahan kepulauan dan laut Wakatobi. Bahkan mereka bisa melihat formasi kawanan lumba-lumba di lautan lepas,” tuturnya.

Ia berharap keindahan pariwisata Wakatobi dan daerah Sultra lainnya akan semakin dikenal dan diminati oleh wisatawan.

“Ayo datang ke Wakatobi Wave tahun 2023, nikmatilah sensasi dan keindahan alamnya. Kami tunggu di Marina Togo Mowondu ya,” ajaknya. (bds)

 

Reporter: Muh Ridwan Kadir
Editor: Wulan

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button