Metro KendariMunaMuna BaratPendidikan

Terlambat, Siswa Wajib Hafal Surah Pendek

Dengarkan

MUNA, DETIKSULTRA.COM – Penerapan hukuman bagi siswa yang terlambat ke sekolah, berbeda di setiap sekolah. Tujuannya, untuk memberikan efek jera bagi siswa.
SMAN 1 Kontunaga menerapkan model hukuman baru yang tidak biasanya dilakukan. Selain memberikan efek jera, hukuman ini juga bertujuan untuk meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT.
Sekolah yang terletak di Kabupaten Muna ini menerapkan hukuman bagi siswa yang terlambat dengan mewajibkan mereka menghafal surah pendek yang ada dalam Al Quran juz 30.
“Siswa siswi SMA Negeri 1 Kontunaga yang datang terlambat ke sekolah, akan dikenakan hukuman baru yaitu menghafalkan salah satu surah pendek yang ada di Juz 30. Surahnya ditentukan oleh guru piket dan diawasi oleh siswa dan guru piket yang jaga tiap harinya,” ungkap salah satu Guru Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Kontunaga, Ummu Tazkiyah.
Aturan ini mulai diberlakukan sejak tanggal 6 Februari 2018 yang lalu. Siswa sangat antusias menjalaninya dan tidak ada yang komplain.
Dia juga menjelaskan, penerapan aturan ini bermula dari inisiatif guru-guru yang melihat tidak ada kesadaran dari siswa untuk tidak terlambat lagi.
“Sebenarnya hukuman ini adalah saran dari guru-guru, karena banyak siswa yang tidak jera dengan hukuman membersihkan kamar mandi dan halaman sekolah. Bahkan mereka senang karena tidak belajar, jadi kami sepakat mencoba cara ini, mudah-mudahan ada efek jera. Kalau memang tidak ada, setidaknya mereka tetap mendapat hasil yang bernilai pahala,” tutupnya.
Reporter: Yusuf Maronta
Editor: Rani

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button