AdvertorialMetro KendariPendidikan

Tak Ada Internet di Sekolah, IAIN Kendari Siapkan Daftar Manual

Dengarkan

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Layanan berbasis online masuk perguruan tinggi, belum bisa dinikmati calon mahasiswa baru di beberapa daerah di Sulawesi Tenggara. Untuk itu, IAIN Kendari tetap memberikan pelayanan pendaftaran secara manual, bagi sekolah yang tidak memiliki jaringan internet.
Dikutip dari situs resmi IAIN Kendari, menurut Ketua Tim Sosialisasi IAIN Kendari, Aliwar mengatakan, salah satu daerah diantaranya yakni Kabupaten Buton Utara. Jaringan internet dapat diakses setelah menempuh jarak sejauh 80 kilometer dari lokasi sekolah.
“Kendala ini tidak mengurangi minat siswa siswi SMAN 1 Wakorumba Utara, mereka antusias mengisi formulir secara manual dan meminta bantuan tim sosialisasi untuk mendaftarkan ke laman SPAN PTKIN saat terbuka Maret mendatang,” kata Aliwar, Rabu (7/2/2018).
Selain Kabupaten Buton Utara, hampir semua kabupaten di wilayah kepulauan juga mengalami kendala yang sama antara lain Kabupaten Wakatobi, Kabupaten Muna Barat, Buton Tengah, Konawe Kepulauan, Konawe Utara dan Bombana.
Seleksi Prestasi Akademik Nasional – Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri atau SPAN PTKIN, merupakan seleksi nasional yang dilaksanakan UIN, IAIN dan STAIN secara serentak tanpa melalui tes. Seleksi ini khusus bagi siswa berprestasi akademik di seluruh Indonesia tanpa biaya pendaftaran, yang dapat diakses melalui laman www.span-ptkin.ac.id.
Ketua panitia penerimaan mahasiswa baru IAIN Kendari, Husain Insawan mengatakan tahun ini IAIN Kendari menyiapkan kuota penerimaan mahasiswa baru melalui jalur SPAN PTKIN sebanyak 1.080 orang. Tim sosialisasi telah dibentuk sesuai dengan jumlah kabupaten kota yang ada di Sultra.
“Kami harapkan putra putri daerah yang berprestasi bisa mendaftarkan diri melalui jalur SPAN PTKIN, untuk itu kami membuka kuota 50 persen dari total kuota penerimaan maba yang kami tetapkan tahun ini yaitu sebesar 2.160 orang,” jelasnya.
Husain menambahkan, bagi mereka yang belum memenuhi syarat pada SPAN PTKIN, dapat mendaftarkan diri melalui jalur UM PTKIN, jalur mandiri dan mandiri prestasi yang akan dibuka mulai April mendatang.(adv)

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button