HukumKonawe

Sungai Konaweha Meluap, Ratusan Rumah Terendam

Dengarkan

KONAWE, DETIKSULTRA.COM – Ratusan rumah warga di sejumlah desa yang berada dibantaran Sungai Konaweha Kabupaten Konawe, sejak Minggu sore (1/7/18) terendam luapan air sungai, akibat hujan berkepanjangan dalam dua pekan terakhir ini.
Data sementara Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Konawe, menyebutkan, sedikitnya 26 desa dan kelurahan yang menjadi daerah terdampak luapan Sungai Konaweha mulai dari bagian hulu dan juga hilir sungai.
Selain merendam pemukiman, banjir ini merusak jembatan sehingga memutus akses jalan ke pemukiman warga, serta menyebabkan rusaknya lahan pertanian warga, seperti sawah mengalami gagal panen.
“Intensitas hujan sangat tinggi, sehingga aliran Sungai Konaweha meluap yang menyebabkan rumah warga dan persawahan terendam banjir hingga mengalami gagal panen 176 ha. Bupati Konawe telah mengeluarkan pernyataan Siaga Darurat,” ujar Plt Kalak Kabupaten Konawe Dedet Ilnari Yusta.
Dedet mengatakan, saat ini mereka sedang mendata lokasi terdampak, mengevakuasi warga dan juga menyalurkan bantuan sementara.
Secara umum kondisi warga dilokasi luapan sungai sangat membutuhkan bantuan selimut, alas tidur dan juga tenda pengungsian.
Kondisi banjir di kabupaten Konawe ini meliputi, Kecamatan Puriala, Lambuya, Anggotoa, Pondidaha, Anggaberi, Wawotobi, Bondoala, Morosi, dan Sampara.
Reporter: Ekho
Editor : Arlink

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button