Metro KendariPendidikanPolitik

Reses di Kampus, Anggota DPD RI Dicecar Masalah TKA

Dengarkan

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Anggota DPD RI Perwakilan Sultra, Abdul Jabbar Toba, melakukan reses di Jurusan Ilmu Politik FISIP UHO, Jumat sore (4/5/2018).
Jabbar Toba dicecar pertanyaan mengenai masalah Tenaga Kerja Asing (TKA) oleh mahasiswa yang hadir.
“Saya kira memang hal yang paling ramai dibicarakan saat ini soal TKA. Banyak orang China yang masuk di Indonesia, bekerja dengan membawa proyeknya sendiri. Itulah orang China, membawa proyek beserta orangnya, kalau Jepang tidak,” ujarnya.
Jabbar Toba berjanji bakal menyampaikan aspirasi mahasiswa itu ke pemerintah pusat. Apalagi DPR RI dalam waktu dekat akan membentuk Pansus terkait TKA. Karena pihaknya di DPD RI sudah terlebih dahulu membuat Pansus tersebut.
Jabbar Toba mengaku bangga bisa berdiskusi dengan mahasiswa. Karena pemkiran mereka sudah lebih maju, untuk memikirkan masa depan negara, dibandingkan dengan petani yang hanya menanyakan bagaimana produksinya bisa meningkat.
Di tempat yang sama, Ketua Prodi Ilmu Politik, Prof Eka Suaib mengatakan, diskusi ini merupakan keinginan dari mahasiswa sendiri, yang ingin mendiskusikan permasalahan daerah kepada anggota DPD perwakilan Sultra.
“Pak Jabar Toba kebetulan melakukan reses di Kendari, maka kami pertemukan dengan mahasiswa. Sekaligus mahasiswa melakukan praktek mata kuliah studi parlemen,” jelasnya.
Menurut pengamat politik Sultra ini, dengan cara seperti ini, selain mengetahui teori-teori, mahasiswa juga bisa mendapatkan informasi langsung dari senator seperti Abdul Jabbar Toba.
Di lain pihak, salah satu mahasiswa, Fitrah Wati yang mengikuti dialog dengan anggota DPD RI tersebut, mengaku senang bisa berdiskusi langsung dengan Jabbar Toba, karena bisa menyampaikan permasalahan yang ada di Sultra.
“Informasi dan pengetahuan dari dialog ini sangat banyak yang kami dapatkan, apalagi antusias teman-teman sangat tinggi untuk mengikuti ini. Saya berharap, agenda seperti ini sering dilakukan dan aspirasi kami bisa didengar oleh pemerintah pusat,” kata mahasiswa semester 6 ini.
Reporter: Fadli Aksar
Editor: Rani

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button