EkobisMetro Kendari

Pasokan Terbatas, Harga Ikan masih Tinggi

Dengarkan

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Harga ikan di Pasar Pelelangan Ikan (PPI) Kendari masih relatif tinggi. Hal ini dipicu kondisi cuaca yang hampir sebulan terakhir tidak bersahabat. Akibatnya sebagian besar nelayan enggan melaut dan produksi ikan juga menurun.
Harga ikan layang biasanya dijual dengan harga Rp15 ribu kini dijual Rp 17 s.d Rp20 ribu per kilogram. Sementara harga ikan kue dan ikan sunu biasanya yang dijual Rp30 sampai 40 ribu per kilogram, kini dijual Rp60 sampai 70 ribu per kilonya.
“Stok ikan sangat ditentukan jumlah kapal yang masuk dan aktivitas pendaratan di PPI. Belakangan ini hanya ada 15 kapal ikan yang mendarat. Berbeda dengan hari biasanya yang bisa mencapai puluhan kapal yang melakukan bongkar muatan,” kata Koordinator Sarana dan Prasarana Jasa PPI Kota Kendari, Munawar.
Menurut Munawar, dengan terbatasnya jumlah kapal yang mendarat, PPI hanya mampu memenuhi konsumsi ikan masyarakat sebanyak 4 ton per hari.
“Kalau di hari biasanya atau normalnya produksi ikan bisa mencapai 10 ton sampai 15 ton per hari, bahkan distribusi ke Pelabuhan Samudra, tapi kini tidak bisa lagi.
Reporter: Ningsih
Editor: Ann

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button