HeadlinePolitik

KPU Baubau Gelar Bimtek Verifikasi Calon Perseorangan

Dengarkan

BAUBAU, DETIKSULTRA.COM – KPU Kota Baubau menggelar  kegiatan bimbingan teknis verifikasi faktual dukungan bakal calon perseorangan dalam pemilihan umum tahun 2018. Kegiatan yang dilaksanakan pada Selasa (5/12/2017) ini dibuka langsung oleh Ketua KPU Kota Baubau Dian Anggraini, serta anggota dan Sekretaris KPU Kota Baubau.
Dalam sambutannya, Dian Anggraini menekankan tujuan diadakannya kegiatan bimbingan teknis kepada PPK dan PPS se-Kota Baubau, yakni agar penyelenggara di tingkat PPK dan PPS memiliki pemahaman tentang prosedur dalam pelaksanaan verifikasi faktual dukungan bakal calon perseorangan.
Ada dua bakal calon perseorangan yang dukungannya akan diverifikasi faktual oleh PPS yang tersebar di seluruh wilayah Kota Baubau, yang pelaksanaannya akan dimulai tanggal 12 hingga 25 Desember 2017. “Kami berharap agar PPK dan PPS dalam menjalankan tugas menjunjung tinggi asas penyelenggara pemilu,  jujur,  teliti,  tertib, serta menjunjung tinggi profesionalitas,” ujar Dian Anggraini.
Selain itu, dalam melaksanakan verifikasi faktual, harus  betul-betul memahami kriteria, memenuhi atau tidak memenuhi syarat sebuah dukungan. Dengan begitu, memenuhi syarat atau tidaknya suatu dukungan sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku.
Salah satu pemateri Iwan Rompo mengatakan,  penyelengggara pemilu harus memiliki komitmen. Menyangkut pemahaman terhadap regulasi,  koordinasi dengan atasan,  dan menjaga netralitas.
“Penyelenggara di Kota Baubau harus mampu menunjukkan kepada masyarakat bahwa pelaksanaan pemilihan di Kota Baubau, aman,  nyaman dan beradab,” ujar Koordinator Divisi Teknis KPU Sultra ini.
Verifikasi faktual para petugas juga harus mendatangi masyarakat yang memberikan dukungan kepada bakal pasangan calon perseorangan sesuai alamat pendukung untuk menanyakan keabsahan dukungannya.
“Mendatangi rumah orang untuk mencocokkan nama,  alamat pendukung, dan dukungannya kepada bakal paslon,” tegasnya.
Reporter: Almaidah
Editor: Zhafir
 

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button