KonawePendidikan

Gelar Dies Natalies, Unilaki Fokus menuju Era Digital

Dengarkan

KONAWE, DETIKSULTRA.COM – Universitas Lakidende (Unilaki) Unaaha, merayakan dies natalies ke-22, Minggu (8/4/2018). Unilaki menuju era digital, menjadi tema yang diangkat oleh perguruan tinggi yang didirikan oleh mantan Bupati Konawe, Razak Porosi ini.
Rektor Unilaki, Laode Masihu Kamaluddin mengatakan, Unilaki harus ditransformasi menjadi kampus digital. Menjadi perguruan tinggi yang jaya di masa depan.
“Kalau tahun yang lalu fokusnya agro industri, sudah berkembang. Tapi sekarang adalah Unilaki era digital, kan sekarang mainnya di big data, kita datanya infrastruktur sudah ada. Sehingga Unilaki siap mengikuti gelombabg digital,” ungkap Laode Masihu Kamaluddin.
Untuk mewujudkan itu, Masihu Kamaluddin telah menyiapkan infrastruktur, yakni database yang mampu menampung semua kegiatan dalam suatu server.
“Servernya sudah dipasang tinggal dipake. Langkah kedua adalah pita wifi-nya. Database-nya ada pitanya ada kita secara infrastruktur sudah selesai, dan berikutnya tinggal kesiapan administrasi, keuangan, dan dosen untuk menggunakan database itu,” ucap Masihu.
Tidak hanya itu, server yang dibuat di Unilaki, membentuk cyber library digital yang bisa tersambung dengan kampus-kampus besar di Indonesia, sehingga buku dari tempat bekerja sama bisa dipakai di Unilaki.
“Jadi server bisa menarik buku dari tempat kita kerja sama. Tapi sekarang baru dengan Unisula kita bekerja sama, hanya nanti di Bulan Agustus baru bisa diakses mahasiswa,” bebernya.
Dari semua yang sudah dibangun dalam bentuk digital, dana yang dipakai untuk membeli aplikasi itu bersumber dari uang mahasiswa yang dikumpul selama empat semester.
“Dari uang mahasiswa senilai Rp500 juta, itulah yang kita gunakan untuk membuat infrastruktur ini. Awalnya memang mahasiswa menolak, hanya saya coba ajak terus,” imbuh Masihu.
Reporter: Ahmad Sadikin
Editor: Ann

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button