oleh

Dikunjungi Tim Nawacita Presiden, Masyarakat Konkep Minta Dibangunkan Pengaman Pantai

KONKEP, DETIKSULTRA.COM – Tim Nawacita Presiden, Ruri Jumar Saef mewakili Ketua Tim Joko Daryanto, yang juga adik Jokowi, melakukan blusukkan di Desa Dongkalaea dan Woworepe Kecamatan Wawonii Utara, Kabupaten Konawe Kepulauan, Sultra pada Sabtu (30/6/2018)
Blusukkan ini dimanfaatkan masyarakat desa, untuk menyuarakan aspirasi mereka kepada tim Nawacita Presiden bidang percepatan pembangunan Infrastruktur daerah perbatasan, terpencil, tertinggal dan rawan konflik.
Bahwa sejak lama penduduk di pesisir pantai, sering mengeluhkan terjangan ombak hingga menyebabkan abrasi pantai yang memporak-porandakan puluhan rumah hingga terseret ombak.
“Selama ini ketika angin timur, ombak kencang, air laut naik ke pemukiman warga, sampai merusak bangunan rumah, bahkan air naik sampai ke jalan utama. Mohon kiranya bapak Presiden Jokowi, agar kami dibangunkan pengaman pantai sepanjang dua kilometer,” pinta salah seorang warga pesisir, Denis.
Kata Denis, ketika rumah-rumah warga rusak, Pemda Konkep hanya memberikan bantuan berupa sembako, namun tidak memperbaiki kerusakan, ataupun memberikan sejumlah dana. Pemerintah juga sudah membangun pengaman pantai namun belum optimal.
“Kami sangat mengharapkan Presiden Joko Widodo melalui blusukan Tim Nawacita ini dapat mendengarkan dan merealisasikan permintaan kami, agar masyarakat di sini dapat hidup layak dan terhindar dari abrasi pantai, karena itu sangat merugikan perekonomian warga,” ungkapnya di hadapan Staff Ahli Presiden, Ruri Jumar Saef.

Ruri Jumar Saef, berdialog dengan warga di Desa Waworope dan Desa Dongkalaea, Kecamatan Wawonii Utara, Konkep, Sultra. Foto: Fadli Aksar/Detiksultra

Selain itu, masyarakat desa yang tergabung dalam koperasi nelayan, juga sangat membutuhkan bantuan alat tangkap ikan, kapal modern berkapasitas besar, pelabuhan, dan Tempat Pelelangan Ikan (TPI). Karena mereka selama ini masih menangkap ikan secara manual, sehingga dapat meningkatkan penghasilan dan kesejahteraan masyarakat nelayan pesisir.
Mendengar hal itu, Ruri Jumar Saef, langsung memberikan arahan kepada masyarakat kelompok nelayan, agar menyampaikan aspirasinya dalam bentuk surat dan disertai data pendukung teknis untuk diserahkan kepada presiden.
Tim Nawacita akan mengawal program ini, dengan harapan presiden dapat segera merespon dengan memerintahkan kementerian PUPR melalui Balai Besar, untuk dapat menindaklanjutinya.
“Saya akan segera membawa surat untuk melaporkan langsung sejumlah permintaan masyarakat Desa Waworope dan Dongkalaea ini kepada Presiden Jokowi,” imbuhnya.
Menurut Ruri, sesuai program Nawacita presiden Jokowi, yakni memprioritaskan pembangunan infrastruktur untuk daerah perbatasan, terpecil dan miskin, dengan membangun infrastruktur dasar seperti jalan, jembatan, saluran irigasi desa agar masyrakat dapat makmur dan sejahtera.
Reporter: Fadli Aksar
Editor: Fizi

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Komentar

News Update