CeritaMetro KendariMuna

Danau Moko Berpenghuni Penyu

Dengarkan

MUNA, DETIKSULTRA.COM – Kabupaten Muna memiliki banyak destinasi wisata danau yang unik, salah satunya yaitu Danau Moko. Danau yang di keliling batu karang ini berada di Desa Walengkabola, Kecamatan Tongkuno, Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara.
Letaknya tidak jauh dari pantai pasir putih Walengkabola. Merupakan danau air payau yang berwarna biru. Lokasinya berjarak 69 km dari Kota Raha dengan waktu tempuh selama kurang 2 jam.
Danau ini juga memiliki seekor penyu yang menjadi pusat perhatian para pengunjung. Hal ini diungkapkan Ketua Insan Pariwisata Muna Aswin Rudi.
“Pengunjung dapat berinterkasi secara langsung dengan penyu ini. Bahkan kita bisa berenang bersama dengan penyu. Sungguh pengalaman yang tak akan terlupakan kita dapat berenang dan menyelam di Danau Moko ditemai seekor penyu besar dan tua nan jinak.” jelas Aswin.
Dulunya ada dua ekor penyu yang hidup di danau itu, satu ekornya mati karena duduga menelan permen karet pengunjung. Berdasarkan cerita warga setempat, penyu itu berasal dari Pantai Walengkabola yang terus berjalan sampai tiba ke danau.
Selain itu, danau dengan kedalaman kurang lebih 12 meter ini memiliki air yang jernih. Saking jernihnya pengunjung dapat memandang dasar danau hanya dengan mata telanjang. Dapat memandang ikan-ikan hias di dasar danau, seolah memandangi ikan di dalam akuarium.
Karena letak danau yang tidak jauh dari pantai, dengan berjalan kaki saja wisatawan dapat menikmati desiran ombak Pantai Walengkabola. Untuk ke pantai wisatawan tidak perlu khawatir karena pantai ini bebas pungutan biaya (di hari biasa). Tapi jangan harap ada wahana seperti snorkling, banana booth dan sebagainya. Karena masyarakat Desa Walengkabola sangat melindungi kelesatarian alam daerahnya.
Reporter: Yusuf Maronta
Editor: Cuncun

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button