HukumKonawe Selatan

Bupati Konsel Monitoring Ruas Jalan Lapuko-Laonti

Dengarkan

LAONTI, DETIKSULTRA.COM – Bupati Konawe Selatan (Konsel) Surunuddin Dangga, beserta jajaran Pemkab Konsel turun ke lapangan melakukan pengecekan infrastruktur pembuatan jalan baru, yang menghubungkan antara Kecamatan Moramo-Laonti, pada Kamis, (14/12/2017).
“Pengecekan ini sebagai tindak lanjut monitoring atas disetujuinya pembukaan jalan baru oleh Kementerian LHK-KSDAE Bulan November 2017 lalu, yang mana sudah puluhan tahun warga Kecamatan Laonti mendambakan akses jalan darat yang selama ini hanya bisa dilalui via laut. Selain itu, memastikan bahwa jalur tersebut sudah dapat dilintasi oleh kendaraan roda dua dan empat,” ujarnya.
Surunuddin memaparkan, ruas jalan yang akan dikerjakan terbagi dua tahap, yakni ruas jalan Lapuko-Tambolosu sepanjang 19,3 kilometer, saat ini sedang dikerjakan sepanjang 4,5 Km. Selanjutnya jalur Tambolosu-Laonti sepanjang 22 kilometer, yang melewati Suaka Marga Satwa Tanjung Peropa telah dikerjakan sepanjang 6,1 kilometer. Total keseluruhan 41,3 kilometer, dengan lebar jalan delapan meter. Melewati Desa Ponambea Barat, Wawosunggu, Rumbirumbia, Tambolosu, hingga Laonti.
“Ini merupakan bagian dari program untuk memajukan desa yang ada di Konsel, termasuk Laonti, dengan bisa dilaluinya akses darat maka pembangunan di wilayah ini diharapkan bisa berkembang sejajar dengan desa-desa maju lainnya. Baik dari aspek sosial, pendidikan, kesehatan, maupun ekonomi, karena mudahnya memasarkan hasil bumi ke daerah yang diinginkan. Apalagi Laonti dikenal subur hasil pertanian dan perkebunannya,” paparnya.
Ia berharap, dengan terbukanya akses jalan, maka kepala desa dan warga setempat harus melihat potensi unggulan yang ada di desanya. Seperti di bidang pertanian, perkebunan maupun pusat bibit sapi.
Reporter: Fadli Aksar
Editor: Ann

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button