EkobisMetro Kendari

BI Sultra Layani Penukaran Uang di Pasar Basah Mandonga

Dengarkan

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Sulawesi Tenggara melakukan bersih uang lusuh atau tidak layak edar di Pasar Basah Mandonga Kendari, Sabtu (14/3/2018). Pedagang langsung mendatangi layanan penukaran uang tersebut.
“Ini kami lakukan agar pedagang tidak menyimpan uang yang tak layak pakai lagi,” kata Kepala KPw BI Sultra, Minot Purwahono, yang turun langsung menemui para pedagang pasar.
Pihak BI menyiapkan penukaran uang sebanyak 500 juta rupiah. Mulai dari uang seribu rupiah, Rp2 ribu, Rp5 ribu , Rp10 ribu, Rp20 ribu, Rp50 ribu hingga Rp100 ribu.
Sementara itu, dalam hitungan menit pedagang di pasar basah Mandonga langsung melakukan penukaran uang mereka. Bahkan, sampai berdesakan.
“Layanan penukaran uang ini sangat bagus, kami tanpa harus pergi ke BI lagi, saya menukarkan jenis uang potongan 5 ribu rupiah dan 10 ribu rupiah,” kata Sulistiani, salah seorang penukar uang.
Selain dapat uang baru, bagi pedagang atau warga yang menukar dengan jumlah lebih dari 100 ribu rupiah juga mendapat dompet gratis dari BI. Harapanya, agar warga dapat menjaga uang atau menyimpan uang dengan benar sehingga tidak kusut dan robek.
Selain menukar uang jelek, warga juga dapat menukar uang pecahan ke nomilal lebih kecil. “Uang ini saya tukarkan untuk jajan anak saya kalau ke sekolah, kalau dikasih 10 ribu dihabiskan satu kali,” ungkap Maharani, seorang warga.
Reporter: Irmawati
Editor: Cuncun

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button