oleh

BFF Kendari Bersihkan Dasar Laut Pulau Bokori yang Dipenuhi Sampah

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Beach Friends Forever (BFF) Kendari melakukan aksi clean up sea and underwater atau pembersihan sampah yang ada di dasar laut yang digelar di Pulau Bokori pada Minggu (19/8/2018).
Kegiatan yang diikuti dari berbagai komunitas peduli lingkungan dan penyelam ini, dilakukan secara sukarela dan dalam rangka memperingati HUT RI ke-73 dan juga mengindahkan himbauan Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti untuk membersihkan pantai.
Koordinator lapangan, Dini Rahmat mengatakan, kegiatan peduli lingkungan pantai tersebut dilatarbelakangi karena pihaknya melihat banyak sampah yang mengendap di dasar laut Pulau Bokori.
“Kami sering menyelam di sini, kebetulan saya juga seorang diver, di sini banyak sekali kita dapatkan sampah-sampah yang sudah mengendap di dasar laut, utamanya sampah plastik, itu yang menggugah kita,” ungkapnya.
Penyelam Bersiap Siap
Dirinya mengkritisi terkait Pulau Bokori yang merupakan objek wisata terbesar di Kota Kendari, namun tidak mempunyai spot diving (menyelam) karena dasar laut dipenuhi sampah.
Pihaknya juga, ingin mengedukasi masyarakat bahwa sampah yang mereka bawa sebagai tanggung jawab mereka. Mengajak masyarakat untuk membantu pemerintah dengan membawa pulang kembali sampah yang telah mereka bawa.
“Kegiatan ini murni dari inisiatif teman-teman peduli sama lingkungan, utamanya yang melihat kondisi teluk yang saat dipenuhi sampah, tidak ada dorongan dan bantuan dari pemerintah,” ujarnya.
Sampah dari dasar laut pulau bokori
Dini mengaku, pemerintah terkesan tidak menyambut baik apa yang dilakukan oleh komunitas ini, padahal mereka membantu pemerintah dalam membersihkan pantai.
“Tapi kami datang ke pemerintah, kami dianggap seakan-akan ingin menggerogoti apa begitu dalam tanda kutip, seperti ada maunya, padahal kami sebenarnya ingin membatu,” beber Dini Rahmat.
Pihaknya berharap, pemerintah bisa membantu komunitas ini, dengan segera mengeluarkan kebijakan pengadaan petugas kebersihan pesisir. Dan juga bersama-sama bergandengan tangan mengedukasi masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan.
Reporter: Fadli Aksar
Editor: Fizi

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Komentar

News Update