Hukum

Belum WTP, Enam Daerah Harus Banyak Belajar

Dengarkan

DETIKSULTRA.COM, Kendari –  Dari 17 kabupaten kota se Sultra di tambah Pemprov Sultra, masih ada enam daerah yang belum mendapatkan opini wajar tanpa pengecualian (WTP). Artinya sudah ada 12 daerah yang telah berhasil memdapatkan opini WTP dari BPK RI atas laporah hasil pemeriksaan (LHP), atas laporan keuangan pemerintah daerah (LKPD) tahun 2016.
Enam daerah tersebut yakni Kolaka Timur, Konawe Utara, Konawe Kepulauan, Buton Utara, Buton Tengah, dan Buton Selatan. Keenam daerah tersebut yang telah mendapatkan opini wajar dengan pengecualian (WDP).
“Yang belum dapat WTP harus banyak belajar dari daerah yang sudah WTP terkait pengelolaan pelaksanaan keuangan di daerah. Jangan terlena dengan kondisi pengelolaan keuangan yang saat ini,” pesan Pelaksanaan Gubernur Sultra HM Saleh Lasata usai menyerahkan penghargaan dari Menkeu kepada 12 daerah yang mendapatkan opini WTP, Selasa (14/11) di Hotel Zahra.
Namun, menurut Mantan Ketua DPRD Sultra ini bukan berarti 12 daerah yang sudah mendapatkan opini WTP berpangku tangan atau terlena dengan pengelolaan keuangannya yang sudah baik. Tetapi, harus melakukan upaya perbaikan- perbaikan dari apa yang telah direkomendasikan BPK atas LKPD setiap tahun berjalang.
Bila ada rekomendasi atad LKPD yang harus ditindaklanjuti maka kata Saleh Lasata harus segera ditindaklanjuti.  “Jangan malah dibiarkan saja. Kalau seperti itu akan mempengaruhi pemberian opini terhadapa LHP berikutnya,” katanya.
Sementara, 12 daerah yang telah berhasil mendapatkan opini WTP yakni Kota Kendari, Kota Baubau, Bombana, Muna, Muna Barat, Kolaka, Kolaka Utara, Buton, Wakatobi, Konawe, Konawe Selatan dan Provinsi Sultra.
Reporter : Ahmad
Editor : Harlina

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button