Konawe SelatanPolitik

Arsalim Arifin Kenang Perjuangan Pemekaran Kecamatan Kolono Timur

Dengarkan

KONAWE SELATAN, DETIKSULTRA.COM – Wakil Bupati Konawe Selatan (Konsel) Arsalim Arifin, menghadiri peringatan terbentuknya Kecamatan Kolono Timur yang memasuki tahun ketiga. Penyelenggaraan kegiatan ini dipusatkan di lapangan sepak bola Kecamatan Kolono, Minggu (4/2/2018).
Arsalim menjelaskan, sejarah pembentukan Kecamatan Kolono Timur dari induknya Kecamatan Kolono, membutuhkan proses perjalanan yang panjang dan penuh perjuangan. Pengajuannya dimulai pada tahun 2006 tapi baru direalisasikan pada tahun 2014.
“Sangat berat, karena pada waktu itu masih berlaku moratorium terkait pelarangan pemekaran desa, kecamatan dan kabupaten. Tapi karena perjuangan yang gigih bersama tokoh masyarakat, DPRD, bupati dan saya selaku Kepala Bappeda masa itu, dengan membantu mendorong agar menjadi kecamatan definitif, alhamdulillah hasilnya bisa kita rasakan sekarang,” ungkapnya.
Ia menambahkan, tiga tahun lamanya pengurusan register selalu dijanjikan untuk dikeluarkan. Baik dari provinsi hingga pemerintah pusat.
“Terkhusus Kecamatan Kolono Timur, saya ingat hingga kini kode nomor register pemekarannya yakni 74.05.23, dan kenapa pemekaran kita lakukan, agar pelayanan warga bisa lebih mudah dan terjangkau dan pembangunan bisa merata,” jelasnya.
Dirinya melanjutkan, setelah proses yang sangat melelahkan, ia mengajak untuk mengisi dengan membangun Kolono Timur di semua lini, apalagi sudah dimasukkan dalam APBD 2018 untuk percepatan pembangunan infrastruktur wilayah ini. Termasuk kantor kecamatan, rujab, dan fasilitas lainnya, untuk terwujudnya masyarakat sejahtera dan sesuai visi misi menjadikan Desa Maju Konsel Hebat.
Reporter: Fadli Aksar
Editor: Ann

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button