EkobisPolitik

Ali Mazi Berniat Bangun Pabrik Mete Terbesar di Dunia

Dengarkan

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Dalam blusukannya yang dilakukan baru-baru ini di Kabupaten Buton Tengah (Buteng) dan Kabupaten Buton, Ali Mazi bersama Lukman Abunawas melihat potensi mete yang sangat besar di daerah Kabupaten Buton dan sekitarnya (Buton Raya). Untuk itu, pasangan nomor urut 1 Cagub dan Cawagub Sultra ini berniat membangun pabrik mete terbesar di dunia di daerah itu.
“Di daerah ini, kami akan investasi pabrik pengelolaan jambu mete terbesar di dunia. Hal ini demi meremajakan eknomi rakyat yang ada di Kabupaten Buton Raya,” terang Ali Mazi.
Imbaunya, masyarat diharapkan agar memelihara tanaman jambu mete yang ada. Para petani bakal dibantu melalui koperasi yang akan dibentuk.
Dalam kampanyenya di Kabupaten Buton Tengah, wilayah yang baru saja mekar menjadi daerah otonom baru di Sultra itu, Ali Mazi melakukan blusukan di pasar-pasar dan pemukiman warga di lima desa di Kecamatan Gu. Bebernya, banyak hal yang bisa dikembangkan di wilayah itu terutama wilayah pesisirnya guna memajukan Buton Tengah.
“Mengapa saya memilih blusukan di pasar di Kecamatan Gu, saya ingin wilayah ini bisa mempunyai pasar modern,” terangnya.
Dia bersama Lukman Abunawas menjanjikan, jika terpilih sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Tenggara 2018-2023 nanti, mereka akan berupaya membangun pelabuhan kapal pelayaran niaga (Pelni) demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat Buton Tengah. Mereka juga ingin melanjutkan kembali program-program pembangunan infrastruktur jalan di seluruh wilayah Buton Tengah.
Sementara di Kabupaten Buton, Ali Mazi menggelar tatap muka di Desa Saragi yang dihadiri tokoh adat dan agama serta dihadiri sekitar 300 orang. Ali Mazi juga blusukan di pasar ibu kota Kecamatan Pasar Wajo. Mereka juga jumatan di Masjid Matanauwe sekaligus pertemuan dengan masyarakat sekitar di balai pertemuan rakyat Desa Matanauwe yang dihadiri sekitar 300 orang.
Mereka juga meninjau mesjid di Desa Wining yang sementara direhab. Ali Mazi berjanji jika terpilih akan membantu menyelesaikan pembangunan mesjid di desa tersebut dan menjanjikan pengadaan stadion mini gelanggang olah raga di Desa Wining.
Reporter: Yusuf Maronta
Editor: Rani

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button