PemerintahanWakatobi

Lagi, Dinkes Wakatobi Genjot Dana Pusat

PLAY

WAKATOBI, DETIKSULTRA.COM – Dinas Kesehatan Kabupaten Wakatobi kembali genjot anggaran Dana Alokasi Khusus 2021. Keberhasilan Dinkes Wakatobi menjolok dana pusat tersebut dimulai sejak tahun 2019.

Melalui Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan, Muliadin Anis, pada tahun 2019 berhasil merenovasi/rehabilitasi pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) di Wakatobi sebanyak tujuh unit.

Diantaranya, Puskesmas Wangi-wangi, Wangi-wangi Selatan, puskesmas Sandi, Buranga, Usuku, Binongko dan puskesmas Taipabu.

Kemudian, pada tahun anggaran 2020 Muliadin Anis kembali mendatangkan anggaran pusat untuk rehabilitasi empat Puskesmas, yakni Puskesmas Hoga, Onemoba’a, Runduma dan Wali.

Masih pada tahun yang sama 2020, dibangun dua Puskesmas Pariwisata, yakni Puskesmas Waelumu dan Puskesmas Wangi-wangi

Tak hanya itu, sejak tahun 2019 hingga tahun 2020, dibangun pula Rehabilitasi Rumah Dinas Tenaga Kesehatan sebanyak sembilan unit dan Pembangunan Rumah Dinas Kesehatan juga sembilan unit yang tersebar di pulau Wakatobi.

Selain itu, tiga unit Ambulance pada tahun 2019 juga telah tersedia di Puskesmas Wangi-wangi, Wangi-wangi Selatan dan Usuku.

Sedangkan pada tahun 2020 Dinkes Wakatobi kembali mendapat Ambulance darat Puskesmas sebanyak lima Unit yang tersebar di Binongko, Wali, Tomia, Kaledupa, PSC 119 Dinkes.

Ditambah dengan Puskesmas Perairan/Ambulance Laut Tahun 2020 sebanyak 1 Unit di Pulau Wangi-wangi.

Tahun 2021 Dinas Kesehatan Kabupaten Wakatobi Lagi-lagi mendapat kucuran dana Pusat melalui Dana Alokasi Khusus untuk pembangunan Puskesmas sesuai standar di Popalia Kecamatan Togo Binongko.

Kepala Dinas Kesehatan Wakatobi, Muliaddin Anis mengatakan, dengan capaian yang telah ada diharapkan layanan kesehatan bisa maksimal dan jauh lebih baik. Ia juga mengaku jikaenaga kesehatan di Puskesmas sangat terbantu.

Ia pun mengapresiasi program nusantara sehat yang telah berjalan. Menurutnya, dengan adanya tenaga kesehatan melalui program nusantara sehat sangat membantu Pemerintah Daerah (Pemda) dalam upaya memaksimalkan pelayanan terhadap masyarakat.

“Dengan adanya beberapa tenaga yang ditugaskan melalui program Nusantara Sehat oleh kementrian kesehatan yang tersebar dibeberapa puskesmas kita, itu sangat membantu untuk memenuhi tenaga kesehatan di Puskesmas terutama tenaga Dokter, Apoteker, serta Bidan dan Perawat,” ungkap Kadis Kesehatan Wakatobi, Muliaddin Anis.

Reporter: Abdul Ganiru
Editor: Via

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button