Categories: Konawe Regional

Umar Arsal Reses di Konawe

Share
Dengarkan

KONAWE, DETIKSULTRA.COM – Dalam rangka reses, Anggota DPR RI Umar Arsal, mengunjungi dua kecamatan di Konawe yaitu Kecamatan Lambuya dan Puriala. Kesempatan itu dimanfaatkan masyarakat desa di dua kecamatan itu untuk menyampaikan aspirasinya.

Berbagai persoalan yang dialami, khususnya masalah pertanian yang merupakan mata pencaharian utama warga di dua kecamatan ini.

Ratusan kelompok tani membutuhkan alat pertanian berupa traktor roda dua dan roda empat, hal itu dipandang sebagai kebutuhan mendesak sekaligus menjadi kendala dalam pengolahan sawah dan perkebunan.

[artikel number=3 tag=”umararsal,konawe,” ]

Selain alat pertanian, rata-rata petani di dua kecamatan itu mengolah persawahan, namun mereka kesulitan memiliki alat pasca panen. Ditambah lagi harga gabah hasil panen yang turun drastis.

Parahnya lagi, kondisi jalan usaha tani kurang mendapatkan perhatian dari dana desa karena alasan keterbatasan anggaran.

“Kami membutuhkan alat pertanian dan jalan usaha tani. Selain itu, masalah irigasi pertanian yang belum memadai. Tidak sedikit irigasi yang telah rusak parah akibat tergerus oleh banjir di musim penghujan,” kata Ketua Kelompok Tani di Desa Awuliti Kecamatan Lambuya Kabupaten Konawe, Sabtu (23/2/2019).

Sementara itu, Umar Arsal menjelaskan, semua kendala masyarakat petani adalah relatif sama.

“Keluhan petani hampir sama, kalau bukan traktor roda dua atau empat, ya saluran irigasinya untuk mengairi persawahan mereka,” kata Umar Arsal.

Umar Arsal berjanji, melalui rumah aspirasinya yang telah terbentuk di semua kecamatan, akan membantu mengakomudir semua kebutuhan petani secara bertahap dan lebih selektif dengan harapan petani benar-benar berdaulat dalam urusan pangan.

“Saya akan lebih selektif dalam menentukan dan menggelontorkan bantuan pertanian supaya bantuan itu benar-benar bermanfaat untuk masyarakat petani,” tuturnya.

Reporter: M4
Editor: Rani

Komentar