Categories: Muna Barat

Tekan Harga Jelang Idul Fitri, Pemkab Mubar Sidak Pasar

Share
Dengarkan

MUNA BARAT, DETIKSULTRA.COM – Guna menekan inflasi dan menciptakan stabilitas harga pangan menjelang Idul Fitri, Pj Bupati Muna Barat, Bahri, melakukan inspeksi mendadak (Sidak) pada Sabtu (26/03/2023). Sidak dilakukan di lapak-lapak pedagang di Pasar Lawa dan Pasar Matakidi.

Dari hasil sidak di Pasar Lawa dan Pasar Matakidi ditemukan ada kenaikan harga beras premium dan medium dengan selisih Rp3.000. Selain itu juga ditemukan kenaikan harga cabai dari sebebelumnya harga Rp40.000 per kilogram kini dijual dengan harga Rp50.000. Bahkan ada pula yang memasarkan dengan harga Rp60.000 dan Rp80.000 per kilogram.

“Cabai mahal padahal kita ini penghasil cabai. Ini dikarenakan cabai kita dipasarkan di luar daerah tidak dipasarkan di Muna Barat. Justru yang dari Muna Barat bukan yang dari sentra produksinya. Lebih banyak bersumber dari pekarangan warga yang jumlahnya sedikit,” jelasnya.

Sebagai solusi, Pemerintah Kabupaten Muna Barat akan lebih gencar menyosialisaikan gerakan menanam  cepat panen, sehingga cabai yang dijual di pasar bersumber dari pekarangan warga. Bukan dari lahan besar yang dijual ke daerah lain.

Selain itu, Pemkab Mubar juga berencana melakukan pasar murah dengan target seluruh Kepala Keluarga (KK) di Kabupaten Muna Barat yang berjumlah  26.020 KK. Setiap KK akan mendapatkan paket senilai Rp70.000 yang berisi beras lima kilogram, gula pasir satu kilogram dan minyak goreng satu liter. (bds)

 

Reporter: La Ode Darlan
Editor: Wulan

Komentar