Categories: Muna Barat

Sebelas Kampung KB Muna Barat Disasar jadi Kampung Berkualitas dan Hebat

Share
Dengarkan

MUNA BARAT, DETIKSULTRA.COM – Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Muna Barat, melakukan pembinaan terhadap masyarakat melalui kegiatan mini lokarya. Kegiatan ini dilaksa akan guna meningkatkan status kampung KB menjadi desa keluarga yang berkualitas.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Muna Barat, La Ode Andi Muna mengatakan, kegiatan pembinaan dilaksanakan selama 11 hari mulai tanggal 6-17 Juni 2022, dengan sasaran 11 kampung KB.

Ia menjelaskan tujuan utama dibentuknya Kampung KB adalah meningkatkan kualitas hidup masyarakat pada kampung yang memiliki keterbelakangan melalui program kependudukan, keluarga berencana dan pembangunan keluarga serta pembangunan sektor terkait lainnya dalam rangka mewujudkan keluarga kecil berkualitas.

“Kampung KB itu adalah daerah yang dicap sebagai kampung yang kumuh dan miskin. Tugas kita sekarang bagaimana cara kita menghilangkan stigma itu,” ujarnya Kamis (09/06/2022).

Berdasarkan kondisi penduduk saat ini, wilayah Kabupaten Muna Barat merupakan salah satu daerah yang masih jauh tertinggal dari daerah lain. Salah satu faktor utama penyebab ketinggalan itu adalah laju pertumbuhan penduduk di daerah yang masih kurang.

“Sasaran utama program kampung KB di daerah bukanlah untuk menekan laju pertumbuhan penduduk, melainkan lebih fokus pada menciptakan keluarga yang berkualitas dan menjadi generasi hebat. Menurut saya ada yang salah persepsi karena sebagian orang menganggap bahwa program KB itu hanya berbicara bagaimana mengurangi penduduk, padahal itu hal yang keliru,” jelasnya.

Guna mencapai keluarga berkualitas ada delapan fungsi yang harus terapkan yakni fungsi keagamaan, fungsi sosial budaya, fungsi cinta kasih, fungsi reproduksi, fungsi perlindungan, fungsi sosialisasi dan pendidikan, fungsi ekonomi, dan fungsi pembinaan lingkungan.

“Semoga melalui kegiatan ini semakin menyadarkan dan mengedukasi masyarakat agar dapat menciptakan keluarga yang berkualitas. Saya harap tiga bulan ke depan kampung ini menjadi lebih maju,” pungkasnya. (cds)

Reporter: La Ode Darlan
Editor: Wulan Subagiantoro

Komentar